You are here
Home > Kesehatan

Perbedaan Tes Kehamilan dan Ovu test

Ovu test

Sebagian besar perempuan kesulitan mengetahui dengan pasti dan akurat kapan masa suburnya. Itulah sebabnya, banyak perempuan yang akhirnya memilih melakukan ovu test agar dapat diketahui waktu yang tepat melakukan hubungan suami istri. 

Kesibukan masing-masing pasangan akhirnya membuat keinginan untuk segera memiliki buah hati jadi terhambat. Masing-masing tenggelam dalam rutinitas yang padat dalam pekerjaan dan pulang ke rumah dalam kondisi yang amat lelah. Kondisi semacam itu tentu membuat keinginan segera hamil dan melahirkan menjadi sulit terwujud. Keinginan hanya tinggal keinginan bila tidak didukung kemauan yang kuat. Salah satunya adalah dengan memperhatikan masa subur perempuan.

Ovu test

Dengan melakukan tes kesuburan, Anda dapat mengatur ritme kerja agar dapat lebih fokus dan rileks pada tujuan merencanakan kehamilan. Hal penting yang harus diketahui tentang ovu test ini adalah  bahwa pada dasarnya berbeda dengan tes kehamilan. Apa saja perbedaan itu? Yuk, kita cermati.

1. Tujuan Tes

Tes kehamilan bertujuan mendeteksi adanya hormon kehamilan (hCG), sedangkan ovu test (ovulation test) bertujuan menguji tingkat Luteinizing Hormone (LH) dalam tubuh perempuan. Tingkat LH seorang wanita biasanya melonjak 36 jam sebelum ovulasi. Tes ovulasi dimaksudkan untuk mendeteksi lonjakan tersebut supaya Anda dan suami tahu kapan waktu yang tepat berhubungan agar cepat hamil.

2. Waktu Melakukan Tes

Tes kehamilan sebaiknya dilakukan setelah bangun tidur, yaitu saat buang air kecil yang pertama, sedangkan tes ovulasi disarankan menggunakan sekitar pukul 11.00 sampai pukul 15.00.

3. Minum Banyak Cairan dan Makanan Penyubur Kandungan

Tes kehamilan tidak menganjurkan Anda untuk banyak minum atau mengonsumsi makanan tertentu, sedangkan sebelum tes ovulasi dianjurkan banyak minum cairan dan makan makanan penyubur kandungan.

4. Berapa Kali Dilakukan

Tes kehamilan dilakukan sekali saja sudah cukup menunjukkan ada atau tidak adanya kehamilan, sedangkan tes ovulasi bisa dilakukan lebih dari sekali dengan alasan untuk mengetahui kapan seorang perempuan bergairah pada periode waktu tertentu. Pengujian dilakukan selang 10 jam dalam sehari jika berminat. 

Ovu test Femometer adalah alat pendeteksi kesuburan yang akurat dan praktis. Sebagai alat uji masa subur, Femometer sebagai termometer basal ini mampu melacak siklus perempuan sehingga bisa menjadi jendela kesuburan perempuan yang akurat. 

Top