You are here
Home > Edukasi

Mengetahui Biaya Kuliah Jurusan Psikologi dan Kenali Tentang Jurusannya

biaya kuliah jurusan psikologi

Banyak orang tertarik untuk mempelajari ilmu yang membahas tentang manusia dari segi perilaku, fungsi mental, hingga prosedur ilmiah tentang proses mental manusia. Ilmu tersebut bisa ditemukan dalam bidang psikologi dimana saat ini banyak pendidikan tinggi yang menyediakan jurusan tersebut untuk dipelajari. Tentunya, untuk masuk jurusan psikologi banyak orang akan mempertimbangkan tentang biaya kuliah jurusan psikologi juga mengetahui lebih dulu sekilas tentang jurusan tersebut.

Mengenal Tentang Jurusan Psikologi

Psikologi adalah ilmu yang berkaitan erat dengan manusia. Bermula ilmu ini ada karena manusia merenungkan keberadaanya hingga dikembangkan menjadi ilmu yang bisa dipelajari hingga memiliki akar dari ilmu filsafat. Ilmu psikologi sangat penting dipelajari bahkan untuk kehidupan sehari-hari karena dengan mengetahui sebagian terkait psikologi manusia bisa terbantu untuk memahami dan mempelajari satu sama lain hingga membantu dalam komunikasi juga sosialisasi.

biaya kuliah jurusan psikologi

Psikologi sendiri memiliki beberapa fungsi penting sebagai ilmu, fungsi-fungsi itu antara lain untuk menjelaskan tentang apa hingga bagaimana sebuah tingkah laku bisa terjadi, juga berfungsi untuk memprediksikan atau meramalkan bagaimana hingga mengapa sebuah tingkah laku terjadi, juga berfungsi untuk pengendalian, dimana ilmu ini memiliki fungsi untuk mengendalikan tingkah laku sesuai dengan apa yang telah diprediksikan atau diharapkan.

Ketiga fungsi itu tentunya berkaitan erat dengan manusia dalam segi perilaku. Orang-orang yang tertarik dan memiliki pemikiran lebih dalam terkait tingkah laku hingga fungsi mental manusia pastinya akan sangat menggemari ilmu ini. Hingga mereka bisa memutuskan untuk kuliah jurusan ilmu psikologi sehingga mendapatkan wawasan yang lebih banyak dan luas terkait bidang ini.

Prospek Kerja Jurusan Psikologi

Bagi mereka yang mendalami psikologi dengan menempuh kuliah di jurusan tersebut tentunya akan memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Tidak hanya menjadi seorang psikolog atau psikiater, lulusan jurusan psikologi juga bisa bekerja sebagai guru Bk di sekolah, konsultan kesehatan mental, HRD, penulis, bahkan general affair.

Selain beberapa pekerjaan diatas, lulusan jurusan psikologi juga memiliki prospek kerja sebagai konsultan pendidikan dan konsultan karier. Dua bidang pekerjaan itu masih jarang dikenal, namun keduanya memiliki peluang yang sangat menjanjikan. Konsultan pendidikan biasanya bekerja untuk membantu klien menemukan bidang pendidikan yang cocok dan sesuai dengan karakteristik hingga minatnya.

Biasanya, mereka membantu klien yang kesulitan menentukan bidang pendidikan dengan melakukan bimbingan. Begitupun dengan konsultan karier, mereka membantu klien nya untuk menemukan pekerjaan dan peluang usaha yang sesuai dengan karakteristik juga keahlian. Meski tak banyak dikenal namun pekerjaan ini mampu menghasilkan pendapatan yang cukup tinggi.

Biaya Kuliah Jurusan Psikologi

Untuk bisa memiliki prospek kerja seperti yang dibahas diatas tentunya pengetahuan dasar terkait psikologi saja tidak akan cukup. Menempuh pendidikan lebih tinggi untuk mempelajari ilmu tersebut tentunya sangat diharuskan. Saat ini, banyak kampus yang menyediakan jurusan psikologi, salah satu yang terbaik adalah jurusan psikologi di universitas indonesia.

Informasi terkait biaya kuliah jurusan psikologi di Universitas Indonesia bisa ditemukan di https://psikologi.ui.ac.id/biaya-pendidikan/ . Disana, informasi lengkap terkait detail biaya untuk menempuh pendidikan kuliah jurusan psikologi tersedia dengan lengkap termasuk informasi lain terkait fakultas psikologi di Universitas Indonesia itu sendiri.

Setelah mengetahui detail terkait biaya kuliah jurusan psikologi tentunya kalian yang ingin kuliah di jurusan tersebut bisa lebih terbantu. Apalagi UI adalah universitas terbaik yang memiliki fasilitas hingga tenaga kerja yang mumpuni sehingga kampus tersebut sangat direkomendasikan.

Top