You are here
Home > Edukasi

Kamu Harus Tahu Ini Sebelum Masuk Jurusan Teknik Informatika

jurusan teknik informatika

Teknik Informatika merupakan salah satu jurusan pada pendidikan tingkat perguruan tinggi yang mempelajari juga menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisis matematis baik dalam perancangan, pengujian, pengembangan, dan evaluasi sistem operasi, software, dan kinerja komputer.

Dengan begitu, maka jurusan Teknik Informatika akan melakukan pembahasan tentang pengolahan data dengan memanfaatkan teknologi komputer yang menggunakan prinsip dan proses logika.

Apabila kamu memutuskan berkuliah di jurusan Teknik Informatika, maka kamu akan banyak berkutat dengan programming, pengembangan software, dan juga teknologi jaringan komputer. Kamu akan menerapkan suatu ide dalam bentuk digital menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Selama proses itu kamu akan banyak membuat flowchart atau bagan alur sebuah sistem dapat berjalan sesuai dengan fungsi dan logikanya. Jelas saja, ketelitian dan ketekunan menjadi karakter yang harus kamu miliki.

jurusan teknik informatika
jurusan teknik informatika

Selain itu, begitu banyak tersedia peluang kerja bagi kamu yang akan berkuliah di jurusan Teknik Informatika. Peluang gaji yang akan kamu dapatkan dari jurusan ini pun juga relatif tinggi dan cukup menjanjikan. Berikut ini akan dibahas mengenai peluang kerja teknik informatika yang bisa kamu dapatkan.

Programmer

Programmer merupakan pilihan profesi yang paling banyak dipilih oleh para alumnus teknik informatika. Apalagi teknologi berkembang begitu pesat seiring majunya zaman. Tentu saja saat pertama menjalankan profesi ini kamu akan memulai sebagai junior programmer terlebih dahulu dengan gaji yang akan kamu dapatkan sebagai pemula bisa mencapai Rp 5 juta hingga Rp 10 juta.

Software Developer

Profesi ini merupakan profesi yang beperan penting dalam menciptakan software yang nantinya digunakan untuk menjalankan sebuah sistem. Gaji yang bisa kamu dapatkan sebagai seorang software developer yaitu mencapai Rp 8 juta.

Web Designer

Profesi berikutnya yaitu web designer yang bertugas sebagai perancang sebuah website dan akan bekerja berdampingan dengan web programmer. Gaji yang bisa kamu dapatkan sebagai seorang web designer yaitu berkisar antara Rp 4 juta atau bahkan bisa lebih tinggi bergantung dari proyek yang kamu kerjakan.

System Analyst

Selanjutnya yaitu system analyst yang bertugas sebagai orang yang menganalisis sistem yang akan digunakan oleh sebuah perusahaan. System analyst ini akan bekerja berdampingan dengan programmer. Gaji yang akan kamu terima sebagai seorang system analyst berkisar antara Rp 6,5 juta hingga belasan bahkan bisa puluhan juta.

IT Consultant

Lalu ada profesi IT Consultant yang bertugas untuk memberi ide kepada klien mengenai penggunaan teknologi informasi agar bisa memenuhi target bisnis suatu perusahaan. IT consultant juga memiliki penghasilan yang cukup tinggi yaitu berkisar antara Rp 6 juta hingga Rp 11 juta.

Software Engineer

Software engineer ini merupakan profesi yang tugasnya kurang lebih hampir sama dengan programmer dan system analyst. Dalam persoalan gaji, bahkan seorang software engineer pemula bisa mendapatkan gaji hingga Rp 8 juta dan bisa mencapai belasan dan puluhan juta.

Database Engineer

Database engineer merupakan sebuah profesei yang bertugas sebagai perancang dan orang yang memonitor database kompleks. Gaji yang ditawarkan bagi seorang pemula bisa mencapai Rp 5 juta. Bahkan dalam soal gaji, ini bisa meningkat hingga puluhan juta rupiah jika kamu sudah berpengalaman.

IT Executive

Kemudian ada salah satu profesi yang dapat dikatakan sebagai profesi yang cukup bergengsi yaitu IT executive. Profesi ini bertugas untuk memastikan kesiapan sebuah sistem sehingga sistem ini dapat dioperasikan secara efisien. Dan, gaji yang bisa didapatkan oleh seorang IT executive ini pun berkisar antara Rp 5 juta hingga Rp 9 juta.

Top