Kesehatan

Kenali Nutrisi Penting Bagi Kehamilan

Image result for Kenali Nutrisi Penting Bagi Kehamilan

Ada banyak makanan sehat untuk ibu hamil yang harus dikonsumsi selama masa kehamilan. Sebut saja buah-buahan, sayuran hijau, daging, dan lain sebagainya. Apa pun yang Anda konsumsi, wajib memiliki kandungan nutrisi lengkap untuk menunjang pertumbuhan janin. 

Kalsium

Nutrisi pertama yang wajib ada di dalam makanan sehat untuk ibu hamil adalah kalsium. Kalsium selain dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan si ibu, juga diperlukan janin agar pertumbuhan tulangnya lebih kuat. Selain itu, manfaat kalsium lainnya adalah mendukung pembentukan organ-organ penting bayi. Ibu hamil wajib mengonsumsi kalsium setiap harinya sebanyak 1000 mg.

Sehat dan Karbohidrat

Karbohidrat sangat penting bagi tumbuh kembang bayi dan janin, termasuk untuk memenuhi kebutuhan energi si ibu. Memilih sumber karbohidrat pilihlah yang memiliki kandungan serat tinggi, seperti beras merah dan ubi. Bisa pula dengan mengonsumsi oatmeal.

Asam Folat

Asam folat berguna untuk mendukung terbentuknya struktur saraf yang baik pada bayi dan janin. Manfaat lainnya adalah untuk memenuhi kadar sel darah putih dan merah di dalam tubuh bayi dan janin. Cakupan asam folat yang wajib dipenuhi ibu hamil di setiap harinya adalah 0,4 mg. 

Lemak Sehat 

Lemak yang sehat sering disebut dengan lemak tak jenuh. Fungsi lemak ini adalah sebagai salah satu cadangan energi bagi pertumbuhan bayi dan janin. Lemak juga sangat baik untuk pertumbuhan otak serta sistem saraf. 

Mineral (Yodium dan Zat Besi)

Asupan yodium yang cukup berguna untuk menjaga keseimbangan dan kesehatan kelenjar tiroid. Kelenjar ini berfungsi untuk menjaga keseimbangan tubuh. Yodium juga baik untuk pertumbuhan otak bayi. Sedangkan zat besi mencegah kemungkinan terjadinya anemia pada ibu dan calon bayi.

Vitamin A, B6, B12, C dan D

Vitamin yang lengkap membantu tubuh agar daya imun dapat berfungsi dengan baik. Selain itu juga mendukung perkembangan dan pertumbuhan janin dan bayi.

Setelah mengetahui ragam nutrisi penting yang diperlukan pada saat hamil, memilih makanan sehat untuk ibu hamil harus dilakukan dengan benar. Pemilihan makanan ini tentunya berguna untuk melindungi sekaligus menjaga kesehatan ibu dan anak. Tetap sehat sampai waktu melahirkan tiba, ya.

Related Articles

Check Also

Close
Close