Kecantikan

Lakukan Perawatan Wajah Berjerawat di Rumah dengan Alami

Image result for Lakukan Perawatan Wajah Berjerawat di Rumah dengan Alami

Pada usia remaja di mana pertumbuhan hormon mulai terjadi, menyebabkan banyak hal. Salah satunya adalah timbulnya jerawat. Untuk beberapa kasus, jerawat bisa berlanjut hingga usia dewasa, terutama untuk kaum wanita bahkan menjelang menopause.

Tidak saja bagi mereka yang memiliki kulit sensitif, jerawat juga bisa dialami oleh siapa saja. Terlebih bila wajah kerap kotor dan jarang dibersihkan. Selain itu, jerawat juga bisa muncul karena beberapa faktor, seperti stress, penggunaan make up yang berlebihan, sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat dan banyak lagi.

Melakukan perawatan wajah berjerawat juga sebetulnya bisa dilakukan sendiri di rumah. Banyak cara yang bisa dipilih, seperti berikut ini misalnya.

  1. Uap panas

Untuk wajah yang memiliki jerawat ringan seperti komedo baik itu blackheads atau whiteheads juga postula kecil, bisa memilih perawatan yang mudah ini. Caranya; ambil wadah yang cukup besar, kemdian tuang air panas ke dalamnya. Berikan garam 5 hingga 10 sendok kemudian aduk. Biarkan wajah yang telah dibersihkan tepat diatas wadah tersebut untuk selama 2 hingga 3 menit saja. Pori-pori akan terbuka ketika uap mengenai kulit wajah, kondisi tersebut akan membuat jerawat mudah untuk dikeluarkan.

2. Masker

Gunakan masker secara rutin, setidaknya dua kali dalam seminggu. Banyak manfaat dari penggunaan masker, salah satunya adalah mendetoks racun yang bisa menyebabkan kulit berjerawat. Pilih bahan-bahan alami seperti campuran buah alpukat yang telah dihaluskan dengan madu, atau dari tomat yang juga telah dihaluskan. Masker dari lidah buaya atau mentimun juga bisa jadi pilihan.

Jika kamu suka, bisa juda dipilih masker dari putih telur atau bawang putih yang dikenal memiliki anti virus, anti jamur serta anti septik yang baik untuk kulit. Kamu cukup menghaluskannya kemudian aplikasikan pada kulit wajah yang telah dibersihkan. Biarkan selama kurang lebih 15 menit dan bilas dengan air hangat.

3. Asupan gizi

Perawatan wajah berjerawat tidak hanya dilakukan pada bagian luar saja. Kamu juga perlu memperhatikan asupan gizi yang masuk ke dalam tubuhmu. Perbanyak sayur dan buah serta air putih agar kulit lebih sehat dan bersih.

Ternyata tidak begitu sulit melakukan perawatan untuk wajah berjerawat. Namun lain halnya jika jerawat yang kamu miliki sudah terlanjur parah. Sebaiknya segera temui dokter ahli kulit untuk menanganinya.

Related Articles

Check Also

Close
Close