Bisnis

9 Ciri Diamond Nusantara Asli

Hasil gambar untuk 9 Ciri Diamond Nusantara Asli

Berlian bukanlah hanya sekedar batu mulia yang indah, tetapi juga memiliki nilai jual yang tinggi. Karena harganya yang cukup tinggi ini banyak beredar berlian palsu di pasaran. Karena itu, Anda perlu berhati-hati ketika hendak membeli berlian. Berikut ini terdapat ulasan mengenai 9 ciri diamond nusantara asli yang harus Anda ketahui agar tidak tertipu:

  1. Keras

Berlian ini merupakan batu terkeras yang ada di bumi. Jadi, jika batu berlian Anda terbelah karena benturan ringan maka sudah dipastikan bahwa berlian yang Anda miliki adalah palsu.

2. Memiliki 3 warna yang langka

Berlian ternyata tidak hanya berwarna bening saja, terdapat juga berlian yang berwarna pink, kuning, dan biru yang langka. Jika ada yang menawarkan berlian berwarna diluar ketiga warna ini sudah dipastikan berlian tersebut palsu.

Hasil gambar untuk 9 Ciri Diamond Nusantara Asli

3. Dapat menggores segala benda

Berlian yang merupakan batu terkeras dapat menggores berbagai benda. Untuk membuktikannya, coba saja goreskan berlian pada kaca, jika kaca tergores dan berlian Anda tidak rusak sudah dapat dipastikan berlian tersebut asli.

4. Refleksi cermin tidak jelas

Berlian yang asli tidak memiliki refleksi pencerminan yang jelas. Anda dapat membuktikannya dengan meletakkan berlian di atas tulisan, maka tulisan tersebut tidak akan terlihat jelas dan jika tulisan  terbaca jelas sudah dipastikan berlian tersebut palsu.

5. Refleksi abu-abu

Berlian asli hanya mampu merefleksikan warna abu-abu saja. Jika berlian Anda dapat merefleksikan berbagai warna selain abu, maka berlian tersebut palsu.

6. Tidak berkabut

Anda dapat menguji keaslian berlian dengan cara menghembuskan napas pada berlian. Jika kabut pada berlian segera menghilang maka berlian Anda adalah asli.

7. Merefleksikan cahaya

Berlian asli merefleksikan cahaya di setiap sisi sehingga terlihat berkilauan. Jika berlian itu palsu maka refleksi cahaya hanya terjadi di bagian atas saja.

8. Tidak dapat dipanaskan

Berlian asli dapat menghilangkan panas dengan cepat. Jika dipanaskan dan panasnya terasa lama, sudah pasti berlian Anda adalah palsu.

9. Tidak mengapung di air

Untuk mengetes keaslian berlian, Anda cukup mencelupkannya ke air. Jika berlian tersebut mengapung sudah pasti itu merupakan barang palsu.

Itu dia 9 ciri diamond nusantara asli yang harus Anda ketahui. Jangan sampai keliru dan tertipu belilah berlian asli di toko terpercaya dan dilengkapi dengan sertifikat GIA.

Related Articles

Check Also

Close
Close