Teknologi

Ini Dia Tips Agar Ponsel Android Tidak Lemot

Hasil gambar untuk Ini Dia Tips Agar Ponsel Android Tidak Lemot

Tidak dipungkiri, ponsel yang menggunakan aplikasi Android lebih banyak peminatnya dibandingkan dengan ponsel yang berbasis iOS. Apa pasal? Yup, besutan Google ini lebih murah ditawarkan kepada masyarakat daripada produk yang dimiliki oleh Apple ini. maka tak heran, berbagai merek terkenal sekalipun turut ambil bagian dalam menggunakan aplikasi Android.

Meski terbilang murah, tapi jangan menganggap enteng tentang fitur yang tersedia. Terlebih lebih saat ini teknologi Android terbaru Google sudah hadir dan resmi diumumkan. Apalagi kalau bukan Android Q5 yang memiliki fitur keren dan memudahkan pengguna seperti bisa membuka beberapa aplikasi sekaligus tanpa harus menghabiskan banyak sumber daya.

Hasil gambar untuk Ini Dia Tips Agar Ponsel Android Tidak Lemot

Hanya saja, kebanyakan ponsel Android lainnya maka dua tahun kemudian performa nya akan mengalami penurunan. Meski demikian, jangan khawatir karena ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kembali performa Android seperti :

Up date Secara Berkala Sistem Operasi

Perlu diperhatikan, jika sistem operasi yang ada pada smartphone biasanya akan mengalami perubahan. Nah, agar kinerja nya tidak terganggu ada baiknya melakukan pembaharuan apalagi jika sudah ada pengumuman resmi. Hal ini penting agar ponsel bisa berjalan dengan cepat, dan tentu saja beberapa fitur baru yang biasanya ditambahkan bisa digunakan.

Membersihkan Layar Utama

Layar utama dipenuhi dengan shortcut alias pemintas aplikasi? Ternyata, hal ini bisa berpengaruh kepada kinerja ponsel loh. Untuk itu, hilangkan beberapa shortcut yang dirasa tidak terlalu penting agar kinerja bisa berjalan maksimal. Dan satu lagi, layar juga akan terlihat bersih dan cantik.

Menghindari Penggunaan GIF

Mereka yang suka berselancar di sosial media biasanya kerap mengumpulkan beberapa sumber gambar berbasis GIF. Sekilas memang terlihat lucu namun jika terus menerus dikumpulkan maka sangat berpengaruh pada kinerja smartphone. Untuk itu, segera hapus koleksi gambar GIF agar aplikasi dapat berjalan dengan baik.

Membersihkan Data Aplikasi

Beberapa aplikasi yang kadang tanpa disadari membuat kinerja bisa begitu lambat. Untuk itu, rajin lah mengecek secara berkala mode aplikasi atau Apps dan klik clear cache atau hapus data sehingga ponsel pun menjadi ringan.

Bagaimana, tidak sulit bukan? Terlebih dengan hadirnya teknologi Android terbaru membuat pengguna smartphone harus bijak menggunakan aplikasi.

Related Articles

Check Also

Close
Close