Kesehatan

Cara Makan Sehat Agar Tubuh Tetap Bugar

Tubuh yang sehat, bugar, dan langsing bukan disebabkan karena sebuah keberuntungan atau keturunan, tetapi karena pola hidup yang sehat. Salah satu faktor yang menunjang pola hidup sehat tersebut adalah cara makan sehat. Makanan merupakan penopang utama dari gaya hidup sehat. Pola makan yang sehat tidak hanya membuat tubuh menjadi fit namun juga dapat menurunkan berat badan tanpa perlu diet ketat. Lantas bagaimanakah pola makan yang sehat tersebut? Berikut adalah langkah-langkahnya:

Makan

Makanan yang serupa setiap hari untuk mendapatkan badan yang bugar, para ahli menyarankan kita untuk memakan makanan yang serupa setiap hari, baik itu sarapan, makan siang, makan malam, hingga cemilan. Makanan yang serupa di sini bukan berarti makanan yang sama karena tentu Anda akan cepat bosan.

Sarapan

Sarapan merupakan salah satu cara makan sehat. Banyak orang yang melewatkan sarapan karena ingin menurunkan berat badan. Padahal sarapan justru menjadi salah satu cara diet sehat karena dapat menurunkan serta menjaga berat badan ideal. Sarapan yang sehat akan mengurangi rasa lapar yang berlebihan pada siang hingga malam hari. Dikutip dari womenshealthmag.com, para peneliti menyatakan jika orang yang tidak sarapan cenderung akan makan siang lebih banyak dibandingkan dengan orang yang sarapan. Selain itu, sarapan pagi juga akan memberikan vitamin serta mineral yang dibutuhkan tubuh untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Minum Air Putih.

Meminum cukup air putih merupakan elemen paling vital untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan bugar. Orang dewasa dianjurkan untuk minum minimal 8 gelas air putih sehari. Jangan meminum minuman bersoda karena hanya akan memberikan efek buruk untuk tubuh. Jangan pula meminum air teh setelah makan karena akan mengurangi penyerapan gizi pada makanan.

Makan Buah dan Sayur

Cara makan sehat salah satunya adalah dengan makan buah dan sayur. Bagi kebanyakan orang Indonesia, buah dianggap sebagai pencuci mulut sehingga dimakan setelah memakan nasi atau makanan utama. Hal tersebut adalah kesalahan besar karena buah seharusnya dimakan minimal setengah jam sebelum makan.

Related Articles

Check Also

Close
Close