Uncategorized

Update Teknologi Terbaru Palapa Ring Telah Selesai Dibangun

Beberapa waktu lalu pemerintah Republik Indonesia telah mengumumkan Palapa Ring Tengah telah selesai dibangun, menyusul Paket Barat yang telah terlebih dahulu. Dengan demikian, hanya tinggal proyek Paket Timur yang masih belum ramping, di mana saat ini status pengerjaan proyek tersebut masih 88%. Update teknologi terbaru Palapa Ring Tengah ini merupakan jaringan kabel serat optic yang memilki panjang 2.995 kilometer melintas di 17 kabupaten. Saat ini proyek tersebut telah ramping 100% sehingga masyarakat sudah bisa menikmatinya dan siap diuji coba sebelum mulai dioperasikan secara penuh. Hal ini dipaaprkan langsung oleh Pit Kepala Biro Humas Kementrian Kominfo, Ferdinandus Setu.

Sebagai informasi update teknologi terbaru, Palapa Ring Tengah ini dibanung melintasi Provinsi Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara dan juga Maluku Utara. Kabel ini terdiri atas kabel darat sepanjang 1.326,22 km dan kabel laut sepanjang 1,787,06 km kabel laut. Proyek besar ini bernilai Rp 1,38 triliun untuk beroperasi yang nantinya memungkinkan kecepatan akses internet 4G bisa tembus hingga 30 mbps. Titik lokasi yang dilalui oleh Palapa Ring Tengah ini, adalah jalur – jalur bebas gempa. Proyek yang satu ini dikerjakan oleh PT LEN Telekomunikasi Indonesia yang telah memulai kontrak pada tanggal 4 Maret tahun 2016 lalu.

Meskipu sat ini sudah ramping, akan tetapi belum dapat beroperasi. Kominfo sendiri telah mengklaim bahwa sudah banyak sekali peminat dari pemanfaatan proyek pembangunan tulang punggung serat optik di Tanah Air ini. Ferdinandus memaparkan, berdasarkan data Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI), sampai saat ini sudah terdapat 23 perusahaan yang telah menyampaikan minatnya untuk melakukan uji coba teknologi terbaru ini yang telah rampung di beberapa daerah di Tanah Air.

Palapa Ring ini adalah bangunan tol informasi dalam bentuk serat optic yang menghubungkan seluruh wilayah di Tanah Air. Proyek ini bertujuan sebagai infrastruktur tulang punggung jaringan telekomunikasi broadband (pita lebar), Palapa Ring ini terdiri dari tiga jenis paket, yakni Palapa Ring Paket Tengah, Palapa Ring Paket Timur dan Palapa Ring Paket Barat.

Related Articles

Close