Kesehatan

Macam-Macam Manfaat Senam Hamil Kegel

Senam hamil merupakan salah satu cara untuk bisa tetap tenang saat akan menghadapi persalinan. Bagi sang calon ibu, proses melahirkan merupakan saat saat yang mendebarkan sekaligus menegangkan. Bukan hanya bagi ibu, moment ini juga amat ditunggu oleh suami dan keluarga besar.  Oleh sebab itu, persiapan yang matang sangat dibutuhkan agar persalinan berjalan aman dan lancar. Senam ini sangat bermanfaat untuk melenturkan otot otot yang akan bekerja selama proses persalinan. Melakukam senam hamil secara teratur juga akan bermanfaat dalam menjaga stamina ibu hamil menghadapi proses persalinan. Sembilan bulan mengandung merupakan sebuah proses panjang yang melelahkan namun sekaligus membahagiakan.

Jika dilakukan secara tertur ada beberapa manfaat dari senam hamil antara lain:

  1. Mampu meredakan rasa sakit dan nyeri yang dirasakan sepanjang kehamilan.
  2. Mengencangkan otot.
  3. Memperkuat jantung dan paru paru.
  4. Mampu membuat tidur lebih nyenyak.
  5. Menghindari penambahan berat badan yang berlebih.
  6. Meringankan rasa nyeri pada pinggang bagian belakang akibat adanya pertambahan berat bagian belakang.
  7. Mengurangi nyeri sendi

Dampak lain yang bisa dirasakan secara psikologis dari senam hamil adalah akan bisa membuat anda dapat berfikir positif serta lebih siap dalam mengahadapi persalinan. Anda dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti senam hamil agar mendapatkan hasil yang maksimal. Para instruktur senam merupakan tenaga profesional yang biasanya berasal dari tenaga medis seperti bidan yang telah berpengalaman dalam menangani persalinan. Selain lebih terpercaya melakukan senam hamil bersama sama ibu hamil yang lain akan membuat perasaan lebih tenang dan nyaman, Karena merasa tidak sendirian. Banyak rumah sakit bersalin dan anak yang biasa menawarkan senam khusus ibu hamil, selain senam hamil gerakan lain yang bisa dilakukan sebelum persalinan adalah yoga dan pilates khusus ibu hamil. Dibawah ini akan diuraikan cara senam hamil sederhana yang bisa anda lakukan sendiri di rumah. Salah satunya adalah senam Kegel.

senam hamil Kegel atau disebut juga senam pelatihan otot panggul bawah bermanfaat untuk memperbaiki kondisi yang dapat menurunkan kekuatan otot panggul bawah, seperti persalinan, penuaan, kelebihan berat badan, serta operasi dapat menurunkan fungsi serta kekuatan otot panggul bawah. Senam Kegel adalah gerakan yang ditujukan untuk mengencangkan otot panggul bawah. Aktivitas ini bermanfaat mengencangkan otot-otot di bawah rahim, kantong kemih, dan usus besar. Secara umum, manfaat senam Kegel dapat dirinci sebagai berikut:

  1. Bagi ibu hamil, senam Kegel bermanfaat memperlancar proses persalinan. Otot panggul yang kuat dan elastis bermanfaat membuka jalan lahir.  Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, senam Kegel dapat dilakukan selama kehamilan atau setelah persalinan.
  2. Senam Kegel sangat bermanfaat terutama bagi Anda yang mengalami masalah seperti berikut ini: Tidak sengaja mengeluarkan urine saat batuk, tertawa, atau bersin. Meski demikian, latihan ini tidak cukup untuk menangani kondisi yang sudah sangat parah. Melemahnya otot yang mengontrol buang air besar. Otot panggul yang melemah dan melebar pascapersalinan yang menyebabkan turunnya rahim. Kondisi ini dapat dicegah dengan melakukan senam Kegel selama masa kehamilan.

Lantas bagaimana cara melakukan senam kegel? Senam Kegel tidak membutuhkan tahapan dan instruksi yang rumit, atau ruangan dan pakaian khusus. Sebagai langkah awal, senam Kegel dapat dilakukan sambil berbaring dengan tahapan sebagai berikut: Mengidentifikasi bagian yang disebut otot panggul bawah. Caranya adalah dengan mencoba menghentikan keluarnya urine saat Anda buang air kecil. Otot yang menahan air seni itulah yang disebut otot panggul bawah Anda. Pada pria, jika Anda mengencangkan otot panggul sambil berkaca, bagian bawah penis Anda akan bergerak ke arah perut dan testis akan naik.

Related Articles

Close