Kecantikan

Tips Menjaga Kesehatan Rambut Untuk Kamu yang Berhijab

Berhijab Bukan berarti kita tidak bisa menjaga kesehatan rambut. Ada yang mengatakan bahwa wanita yang berhijab disarankan untuk lebih sering melakukan perawatan rambut. Hal ini karena rambut selalu tertutup setiap hari sehingga menyebabkan rambut rontok,kusut dan rapuh karena diikat dalam waktu yang lama. Ditambah lagi, jika Anda adalah wanita pekerja yang berangkat pagi dan pulang petang.

Mungkin Anda akan sangat sulit untuk mengatur waktu luang untuk sejenak melakukan perawatan rambut. Akan tetapi sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi. Ada beberapa tips perawatan rambut yang dapat Anda lakukan, khususnya untuk wanita yang berhijab agar rambut tetap sehat dan tidak kusut.

Tips menjaga kesehatan rambut berhijab pertama, yaitu sisirlah rambut sebelum mandi. Rambut akan terlihat kusut setelah jilbab dilepas sehabis pulang kerja. Sebelum Anda mandi, sebaiknya sisir  dahulu rambut Anda sehingga tidak terlihat kusut karena diikat terlalu lama. Rambut yang kusut akan menyebabkan mudah rontok ketika di cuci. Kedua, tidak berhijab saat rambut basah karena dapat menyebabkan ketombe, kerontokan dan lembap.

Oleh karena itu, sebelum memakai hijab pastikan rambut Anda benar-benar kering. Ketiga, memilih ikat rambut yang tebal. Menggunakan ikat rambut yang terlalu ketat dapat menimbulkan rambut rontok dan mudah patah. Sebaliknya pilih ikat rambut yang tebal dan lembut dan longgarkan saat mengikat rambut agar rambut leluasa bernafas.

Keempat, mengepang rambut agar tetap rapi dan tidak kusut. Cara ini selain dapat menjaga rambut dari kerusakan juga membantu rambut agar tetap rapi tanpa memakai inner atau ciput sehingga Anda dapat lebih leluasa dalam beraktifitas di tempat kerja. Kelima, melepas jilbab sewaktu istirahat. Bukalah jilbab dan ikat rambut sebentar ketika jam istirahat.

Tentu pilih tempat yang tertutup dan ruangan khusus wanita. Biarkan rambut Anda bernafas untuk beberapa saat. Selain itu ketika Anda tidur jangan lupa melepas ikatan rambut agar saat tidur aliran darah di kepala juga tetap lancar dan tidak menyebabkan kusut di pagi hari. Perawatan kesehatan rambut diatas dapat Anda lakukan mulai sekarang secara teratur agar hasilnya juga maksimal.

Related Articles

Close