Kesehatan

3 Panduan Dalam Menjaga Kesehatan Anak

Menjaga kesehatan anak adalah salah satu hal yang paling penting bagi bunda. Upaya untuk menjaga kesehatan anak bias dilaksanakan selalu setiap hari. Si bunda dapat membiasakan si kecil dengan asupan makanan-makanan yang bergizi atau mengajari mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Mari, bunda kita simak ulasan tentang beberapa hal yang harus Anda lakukan dalam menjaga kesehatan bayi.

kesehatan anak
kesehatan anak
  1. Mengonsumsi asupan makanan yang bergizi
    Salah satu cara dalam menjaga kesehatan anak dengan selalu memastikan dia selalu mengonsumsi asupan bergizi. Hidangkan selalu makanan yang bernutrisi yang memang baik untuk kesehatan, baik dalam menu utama maupun camilan. Batasi frekuensi si Kecil jajan di luar rumah ya, Mam. Lebih baik bila Mam membuat sendiri camilan untuk si Kecil, sehingga asupan gizi maupun kebersihannya lebih terjamin. Berikan pengertian yang tepat mengenai alasan ia tak boleh jajan sembarangan, misalnya, makanan yang tidak dimasak oleh Mam tidak terjamin kebersihannya, sehingga ia berisiko sakit perut, batuk, pilek, sakit tenggorokan, dan lain-lain.
  2. Mengurangi asupan yang memiliki kadar gula tinggi
    Anak-anak memang senang menyantap makanan manis, seperti kue, permen, cokelat, roti, dan lain sebagainya. Hal ini wajar kok, Mam, sebab kandungan gula pada makanan dapat merangsang pengeluaran endorfin yang membuat si Kecil merasa rileks dan senang. Akibat efek itu, ia jadi ingin makan makanan serta minuman manis. Namun, si bunda perlu tahu bahwa terlalu banyak makan makanan manis dapat berakibat buruk pada kesehatan si Kecil. Ia berisiko menderita kegemukan dan kekurangan zat gizi lain akibat terlalu sering mengonsumsi gula. Konsumsi gula secara berlebih juga dapat merusak kesehatan giginya, lho. Jadi, batasi asupan makanan maupun minuman bergula tinggi untuk menjaga kesehatan anak ya, Mam. Bila si Kecil memang menyenangi makanan dan minuman manis, Mam dapat memberikan buah yang rasanya manis sebagai penggantinya. Atau, membuatkan camilan manis dengan kadar gula yang tidak berlebihan, ketimbang membeli makanan olahan bergula tinggi.
  3. Melakukan imunisasi yang sesuai dengan jadwal
    Jagalah kesehatan anak dengan selalu melakukan imunisasi, terutama yang wajib, sesuai jadwal ya, Mam. Imunisasi terbukti dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh anak terhadap sejumlah penyakit, seperti tifoid, polio, influenza, hepatitis A, dan lain-lain. Maka itu, pastikan Mam membawa si Kecil ke posyandu atau rumah sakit untuk mendapatkan imunisasi sesuai jadwal, termasuk untuk pengulangannya.

Related Articles

Close