You are here
Home > Kesehatan

Jaga Kesehatan Anda Dengan Mengikuti Tuntunan Rasullah SAW

kesehatan

Ketika Allah berikan ujian sakit bagi diri kita, maka apa yang kita rasakan? Badan yang kekar, menjadi lemah tak berdaya. Tubuh yang kokoh dengan segala kekuatan, bahkan hanya untuk berdiri saja pun rasanya tidak mampu. Makanan yang nikmat, lezat dan menggugah selera, semuanya tidak bermakna dan hanya sia-sia. Saat mengalami sakit, banyak kenikmatan yang Allah cabut untuk sementara. Namun, apabila anda menerimanya dengan ikhlas dan lebih mendekat diri kepada-Nya.

Tentu sakit tersebut menjadi salah satu ladang untuk menggugurkan banyak dosa-dosa. Namun meski demikian, penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Dan pastikan ketika tubuh sedang sehat, anda mampu memanfaatkannya dengan sebaik mungkin, seperti digunakan untuk meningkatkan ibadah kepada Allah, berusaha menjadi manusia yang produktif, serta mengisi hari-hari dengan beragam kebaikan lainnya.

Pada dasarnya kita tidak pernah tahu, kapan penyakit akan datang dan hinggap di tubuh. Untuk itu, mulai dari sekarang sebaiknya melakukan berbagai upaya pencegahan. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Hal ini seperti yang dilakukan oleh Rasulullah SAW. Yang semasa hidupnya, beliau sangat jarang sakit. Karena beliau melakukan berbagai hal di bawah ini:

  1. Selektif dalam memilih jenis makanan yang hendak dikonsumsi
    Kita tahu bahwasannya makanan menjadi sumber energy pertama bagi tubuh. Untuk itu, cari dan pilih makanan yang baik untuk kesehatan. Selain baik, pastikan pula kehalalannya, halal makanannya dan halal dalam mendapatkannya. Sehingga selain menyehatkan, pun menjadi ladang ibadah bagi kit.
  2. Makan pada waktu yang tepat
    Terdapat waktu-waktu tertentu yang baik untuk mengkonsumsi makanan berat, makanan ringan dan waktu yang alangkah baiknya berhenti untuk makan. Biasakan untuk sarapan pagi terlebih dahulu secukupnya, kemudian makan di siang hari dan sore hari. Pastikan untuk makan ketika perut anda belum merasakan lapar dan berhentilah sebelum kenyang.
  3. Melakukan puasa Sunnah
    Saum atau puasa merupakan salah satu cara yang paling baik untuk dilakukan dalam menjaga tubuh agar tetap sehat. Oleh karenya, jadikanlah saum Sunnah sebagai bagian dari diri anda.

Leave a Reply

Top