You are here
Home > Bisnis

Perbedaan Premi, Polis dan Klaim Asuransi

Klaim asuransi

Berbicara mengenai asuransi tentunya kita akan bertemu dengan beberapa istilah yang berkaitan dengan masalah asuransi. Banyak istilah yang sering kita temui jika kita membicarakan tentang asuransi. Setidaknya ada tiga istilah yang sangat familiar dan sering kita dengar, ketiga istilah tersebut adalah premi asuransi, polis asuransi serta Klaim asuransi.

Apakah ketiga istilah asuransi tersebut berbeda pengertiannya ? Pada artikel ini, kita akan menjelaskan tentang apa itu premi asuransi, polis asuransi dan klaim asuransi. Banyak orang yang ahli dalam hal asuransi memberikan pengertian tentang ketiga hal tersebut. Klaim asuransiMeskipun ada sedikit perbedaan, namun perbedaan tersebut hanya dikarenakan asumsi, sudut pandang serta redaksi kalimatnya saja yang berbeda. Pada intinya, ketiga hal tersebut memiliki pengertian yang sama. Kita akan coba membedakan ketiga hal tersebut agar kita semua mengetahui dan memahami secara benar apa yang dimaksud oleh ketiga istilah dalam asuransi tersebut.

Berikut ini disampaikan tentang pengertian yang akan membedakan antara premi asuransi, polis asuransi dengan Klaim asuransi.  Adapun pengertian – pengertian tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Premi Asuransi adalah sejumlah uang yang mesti dibayarkan pada setiap bulannya sebagai suatu kewajiban dari yang tertanggung atas keikutsertaannya pada asuransi. Nilai besarnya premi dari keikutsertaannya pada asuransi yang mesti dibayarkan sudah ditetapkan oleh para perusahaan asuransi dengan dapat memperhatikan segala kondisi dari yang tertanggung.
  2. Polis Asuransi adalah sebuah perjanjian asuransi atau pertanggungan yang bersifat konsensual (terdapat kesepakatan), mesti kita buat secara tertulis didalam suatu akta dari pihak yang telah mengadakan perjanjian. Di akta yang telah dibuat secara tertulis tersebut dinamakan “Polis”. Jadi, polis merupakan sebuah tanda bukti perjanjian dalam pertanggungan yang menjadi bukti tertulis.
  3. Pengertian Klaim asuransi adalah suatu permintaan yang resmi kepada setiap perusahaan asuransi, untuk dapat meminta pembayaran yang mengacu pada ketentuan perjanjian. Klaim asuransi yang telah diajukan akan segera ditinjau oleh beberapa perusahaan untuk mendapatkan validitasnya dan kemudian akan dibayarkan ke pihak yang tertanggung sesudah disetujui.

Demikian beberapa perbedaan antara premi, polis serta klaim asuransi. Bagi anda pemilik kendaraan yang belum mengasuransikan kendaraannya, segera daftarkan kendaraan anda ke perusahaan asuransi yang memberikan pelayanan optimal kepada seluruh pelanggannya. Perusahaan asuransi tersebut adalah Adira Insurance yang mengeluarkan produk asuransi bernama Autocillin yang menyediakan jaminan perlindungan terhadap segala kerugian kerusakan akibat kecelakaan serta resiko kehilangan akibat pencurian.

Leave a Reply

Top