Kesehatan

Menjaga Kesehatan Paru-paru

Paru-paru merupakan salah satu organ pernapasan manusia yang memiliki peranan vital di dalam tubuh. Saat paru-paru kita terserang berbagai macam penyakit yang berbahaya maka kita akan memiliki gangguan kesehatan yang cukup merepotkan. Bahkan kemungkinan yang terburuk apabila kita memiliki organ paru-paru yang tidak sehat atau rusak, maka jiwa kita akan terancam. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan paru-paru kita menjadi rusak dan terserang berbagai macam penyakit.

Diantaranya adalah karena faktor pencemaran udara. Asap-asa yang dikeluarkan dari kendaraan bermotor dan debu-debu yang ada di sekitar kita apabila terus menerus kita hisap, dalam kurun waktu tertentu akan menyebabkan paru-paru kita mengalami gangguan kesehatan. Selain faktor Pencemaran udara, kebiasaan jelek yang sering kita lakukan juga akan membuat paru-paru kita menjadi rusak.

Salah satu kebiasaan jelek tersebut adalah kebiasaan merokok. Dalam sebatang rokok kita tidak akan menemukan satupun hal positif yang ada di dalamnya, akan tetapi dalam banda kecil tersebut terdapat berbagai macam racun dan zat kimia yang berbahaya yang akan mampu mendatangkan berbagai macam penyakit.

Selain itu asap rokok yang kita hirup baik yang di sengaja maupun yang tidak di sengaja, akan membuat paru-paru kita menjadi rusak. Selain dari ke dua faktor tersebut ada beberapa faktor lainnya yang akan membuat paru-paru kita menjadi rusak. Akan tetapi dengan melakukan beberapa hal sederhana yang ada di bawah ini kita akan mampu mendapatkan paru-paru yang sehat dan kuat. Langkah sederhana yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru adalah :

  1. Menggunakan masker ketika beraktifitas di luar ruangan. Masker akan sangat berguna untuk melindungi kita dari asap dan debu yang ada di sekitar kita. selain itu masker juga akan membuat paru-paru kita terlindungi dari berbagai macam hal yang bisa membahayakan kesehatan kita.
  2. Mulai berhenti dari kebiasaan merokok. Apabila anda ingin memiliki organ paru-paru yang sehat, akan anda harus mulai berhenti dari kebiasaan merokok. Ketika anda mulai berhenti dari kebiasaan merokok maka anda akan merasakan berbagai macam hal positif.

Related Articles

Close