Kesehatan

Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini

Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan program di mana masa usia pra sekolah yang merupakan tahap penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Selain itu, pendidikan anak di usia dini mampu memberikan rangsangan secara stimulus pendidikan sesuai dengan tahapan tumbuh dan kembang anak pada masa usia pra sekolah. Pada masa usia di mana anak menginjak 3-6 tahun dengan pentingnya pendidikan anak di usia ini memiliki salah satu fungsi utama untuk mengembangkan aspek perkembangannya seperti kognitif, psikomotor dan apektifnya. Pendidikan di usia dini merupakan salah sau cara mendidik anak menjadi lebih cerdas dan mampu menjadikan sang anak bisa beradaptasi dengan lingkungannya dan mampu berkomunikasi secara baik.

Dalam perjalannya dengan mengikuti pendidikan anak usia dini (PAUD) akan membantu anak lebih siap untuk menerima pelajaran formal nantinya di banku sekolahan di SD. Sehingga salah satu langkah yang direkomendasikan oleh bada UNESCO bahwa setiap anak untuk mendapatkan pendidikan pada pra sekolah di usia dininya. Di lingkungan sekolah tentunya berbeda dengan lingkungan sekitar rumah. Di pendidikan PAUD merupakan salah satu jembatan di mana pembeda sisi pada tempat di mana anak berinteraksi. Dengan hal yang baru tentunya anak akan beradaptasi dan akan belajar berinteraksi dengan anak-anak seusianya dengan mengikuti beberapa arahan semisal dari playgroup dan belajar rutinitas harian di PAUD.

Pentingnya pendidikan anak usia dini (PAUD) mampu melatih kebiasaan anak untuk hal yang terstruktur yang dilakunnya sehingga anak terbiasa dengan hal-hal yang lainnya. Dalam kegiatannya misalnya anak mampu mengikuti berbagai kegiatan seperti mewarnai, berolahraga, menyusun puzzle dan kegiatan lainnya. Cara mendidik anak dalam perjalanannya mengikuti perkembangannya di usia dini dengan mengikuti berbagai keterampilan yang mampu merangsang anak menjadi lebih semangat dengan hal-hal baru. Pentingnya pendidikan anak usia dini dengan menekankan anak supaya lebih disiplin dengan mengikuti berbagai peraturan yang diterapkan sehingga nantinya akan terbiasa di lingkungan rumah dan sekitarnya. Oleh karena itu, bimbinglah anak yang menjadi buah hati tumbuh menjadi seorang yang cerdas dan berbakat dengan mengikuti pendidikan di usia pra sekolah.  

 

Related Articles

Close