Kesehatan

Tips Menjaga Gula Darah Agar Tetap Stabil

Kesehatan merupakan salah satu harta yang tidak ternilai. Saat kita mengalami berbagai macam gangguan kesehatan maka kita tidak akan bisa melakukan berbagai macam aktifitas dengan lebih maksimal. Salah satu permasalahan kesehatan yang sering kita jumpai adalah diabetes. Diabetes merupakan salah satu gangguan kesehatan yang disebabkan oleh kadar kandungan gula darah dalam tubuh tidak stabil. Salah satu organ tubuh yang akan mengalami gangguan kesehatan saat mengalami diabetes adalah pankreas. Saat penyakit ini menyerang maka organ pankreas kita tidak akan mampu bekerja lebih maksimal. Pankreas sendiri merupakan salah satu organ tubuh yang mampu menghasilkan insulin alami sebagai pengatur gula darah dalam tubuh agar tetap stabil.

Salah satu faktor lainnya mengapa seseorang memiliki penyakit diabetes adalah karena faktor genetik atau keturunan. Berdasarkan penelitian sampai saat ini penyakit diabetes belum bisa ditemukan obatnya. Akan tetapi penyakit ini mampu kita kontrol dan kita cegah dengan melakukan beberapa tips di bawah ini diantaranya adalah :

  1. Menjaga berat badan agar tetap stabil. Perhatikan dengan baik berat badan yang kita miliki. Jangan sampai kita memiliki badan yang kegemukan atau obesitas karena seorang penderita obesitas atau kegemukan akan sangat beresiko terkena penyakit diabetes.
  2. Berolahraga secara rutin. Salah satu cara selanjutnya yang bisa kita lakukan ketika akan terhindar dari penyakit diabetes adalah dengan rajin berolahraga. Dengan melakukan berbagai macam aktifitas fisik maka kita akan mampu mengubah kandungan glukosa yang ada di dalam tubuh menjadi energi.
  3. Memiliki pola makan yang sehat. Salah satu faktor penyebab mengapa seseorang terkena penyakit diabet adalah pola makan yang tidak teratur dan tidak sehat. Makanlah maksimal 3 kali sehari dan perbanyaklah konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi
  4. Hindari tekanan maupun beban pikiran yang terlalu tinggi. Selain faktor eksternal penyakit ini juga bisa timbul karena faktor internal yaitu stres. Jangan terlalu larut memikirkan sebuah masalah dan perbanyaklah berbagai macam kegiatan yang positif.

Related Articles

Close