Kesehatan

Menjaga Kesehatan Paru-paru

Dengan udara dan lingkungan yang sudah tercemar cukup parah saat ini maka akan beresiko mendatangkan nberbagai macma penyakit berbahaya yang membuat kita menjadi terserang berbagai macam penyakit. Salah satu orang tubuh yang sangat rentan terkena penyakit yang di sebabkan oleh tercemarnya udara dan lingkungan adalah paru-paru. Paru-paru merupakan salah satu organ yang ada di dalam tubuh yang berfungsi sebagai salah satu alat pernafasan. Apabila organ tersebut terkena berbagai macam penyakit yang berbahaya maka akan mengancam kelangsungan hidup kita.

Ada beberapa penyebab yang bisa membuat organ paru-paru kita menjadi rusak dan terkena berbagai macam penyakit yang berbahaya diantaranya adalah :

  1. Pencemaran udara. Saat ini udara yang ada di sekitar kita bisa dibilang sudah cukup membahayakan. Hal tersebut dikarenakan disekeliling kita terdapat berbagai macam alat yang mampu mencemari udara seperti asap knalpot kendaraan bermotor, asap industri, kebakaran hutan dan berbagai macam pencemaran udara yang lainnya
  2. Memiliki kebiasaan merokok. Ini merupakan salah satu permasalahan yang ukup pelik untuk dihadapi. Karena kebanyakan masyarakat Indonesia merupakan perokok berat. Padahal sebetulnya rokok yang mereka hisap merupakan sebuah racun berbahaya yang mampu merusak kesehatan kita dan orang yang ada di sekitar kita.
  3. Tidak mampu menjaga tubuh dari serangan dinginnya udara. Saat menggunakan speda motor, pada saat malam hari dan berada di sebuah tempat dengan suhu udara yang dingin sangat dianjurkan untuk menggunakan jaket dan berbagai macam benda yang mampu menjaga dan melindungi kita dari serangan udara dingin. Karena udara dingin akan beresiko menyebabkan paru-paru kita menjadi rusak.

Setelah kita meengetahui beberapa faktor yang bisa menyebabkan paru-paru kita rusak dan terserang berbagai macam penyakit. Kita pasti memiliki solusi dan pemecahan masalah sendii yang mampu menuntaskan berbagai macam permasalahan tersebut. Salah satu upaya yang sangat efeektif yang bisa kita lakukan agar menjaga kesehatan paru-paru adalah dengan berhenti dari kebiasaan merokok dan menggunakan masker saat beraktifitas di luar ruangan.

Related Articles

Close