Kesehatan

Manfaat Tanaman Jahe Bagi Kesehatan

Manfaat Tanaman Jahe Bagi Kesehatan

Sejak zaman dahulu nenek moyang orang Indonesia sudah terbiasa memanfaatkan rempah-rempah untuk pengobatan berbagai macam penyakit. Selain belum adanya obat-obat kimia seperti sekarang, obat tradisional yang terbuat dari rempah-rempah sangat kaya akan manfaat dan cukup aman di konsumsi asalkan sesuai dengan kebutuhan dan keguanaan. Di Indonesia tidak sulit untuk mendapatkan rempah-rempah karena dengan iklim tropis rempah-rempah bisa tumbuh subur di Indonesia. Salah satu tanaman yang banyak manfaat dan sering digunakan untuk pengobatan tradisional adalah tanaman jahe. Jahe atau  dalam bahasa latin Zingiber Officinale merupakan tanaman rimpang yang selain digunakan untuk bahan masakan juga biasa digunakan sebagai tanaman obat.

Tanaman jahe mempunyai manfaat sebagai pengahangat tubuh, apalagi jika berada di cuaca dingin. Kandungan senyawa yang terdapat dalam tanaman jahe sangat berguna untuk menghangatkan tubuh. Selain untuk menghangatkan tubuh, berikut beberapa manfaat dari tanaman jahe untuk kesehatan tubuh :Manfaat Tanaman Jahe Bagi Kesehatan

1. Melancarkan Peredaran Darah

Kandungan senyawa gingerol terdapat dalam tanaman jahe bersifat anti koagulan yang mampu mencegah terjadinya penggumpalan darah. Menggumpalnya darah dapat menyebabkan terjadinya stroke dan jantung. Mengkonsumsi jahe sangat baik untuk mencegah penyakit tersebut karena tanaman jahe dapat melancarkan persedaran darah.

2. Mengatasi Batuk dan Demam

Selain untuk melancarkan peredaran darah kandungan gingerol yang terdapat pada jahe juga bermanfaat untuk mengurangi demam dan batuk. Efek negatif yang ditimbukan oleh obat-obatan kimia juga bisa ditekan dan di minimalsisir  dengan mengkonsumsi jahe.

3. Mengurangi Perut Kembung

Perut kembung bisa diatasi dengan mengkonsumsi ekstrak jahe. Selain itu bermanfaat juga untuk pencernaan dan iritasi yang terjadi pada usus.

4. Menangkal Radikal Bebas

Efek merusak yang disebabkan oleh radikal bebas tidak baik bagi tubuh. Hal tersebut bisa diatasi dengan mengkonsumsi jahe, karena tanaman jahe mengandung antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas.

5. Mengobati Sakit Gigi

Jahe juga bisa digunakan untuk mencegah nyeri gusi dan sakit gigi karena tanaman jahe mengandung anti jamur dan anti bakteri.

Related Articles

Close