Kesehatan

Cara Meningkatkan Kecerdasan Anak

Mempunyai anak yang kreatif dan cerdas adalah impian bagi semua orang tua. Untuk dapat membangun kecerdasan terhadap anak, sepenuhnya merupakan kewajiban kita sebagai orang tua dan mengetahui kemampuan kognitif anak sangatlah penting untuk kita ketahui. Oleh karena itu, kita harus bisa mempelajari hal yang bisa kita lakukan untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir pada anak.

Berikut ini hal yang bisa kita lakukan untuk dapat membantu mingkatkan kecerdasan pada anak.

1. Menurut sebuah penelitian bahwa pelajar yang pada pagi harinya mengawali dengan sarapan akan mempunyai memori yang sangat tajam dan juga akan lebih waspada jika dibandingkan dengan pelajar yang lainnya yang selalu melewatkan sarapan di pagi hari.

Sebuah studi di Inggris juga telah menemukan bahwa sarapan pagi dengan banyak karbohidrat yang kompleks dapat membantu anak untuk dapat mempertahankan kinerja mental, khususnya untuk dapat mempengaruhi perhatian dan juga memori. Berikanlah sarapan yang sehat seperti sereal gandum, buah, susu yang rendah dengan lemak dan juga makanan yang kaya akan protein seperti telur dan kacang-kacangan supaya anak bisa mendapatkan sumber yang utama yaitu bahan bakar yang tentunya sangat dibutuhkan sekali oleh otak.

2. Bertanyalah kepada anak beberapa pertanyaan seperti liburan terbaik menurut anak atau pun bagaimana sekolahnya dan yang lainnya. Hal ini bisa mendorong anak kita untuk berpikir tentang ide-ide yang baru yang bisa membantu anak dapat menciptakan hubungan saraf yang baru di otak.

3. Sebuah penelitaan telah menunjukan bahwa emosional yang hangan dan juga stabil sangat penting sekali untuk sebuah perkembangan fungsi dari kofnitif dan juga keterampilan pada anak. Sebaliknya, jika anak-anak dengan orang tua yang sangat keras, memmpunyai resiko yang sangat besar sekali terhadap berbagai macam masalah keterampilan.

4. Jika anak kita tidak mempunyai waktu yang cukup untuk melakukan istirahattidur, mungkin saja anak akan kehilangan kemampuan otak yang sangat berharga.

Tidur dapat mempengaruhi berbagai aspek fungsi dari kognitif anak, termasuk memori, pehatian, pengambilan keputusan dan juga pemecahan masalah. Penelitian sudah menunjukan bahwa anak yang tidak mendapatkan tidur yang cukup mungkin saja akan berprilaku buruk di sekolah dan juga akan kesulitan untuk dapat memusatkan perhatian terhdap pelajaran. Maka dari itu kita harus menetapkan waktu tidur yang tepat dengan cara konsisten dan juga waktu bangun untuk anak kita. Matikanlah televisi, computer atau pun perangkat yang lainnya 2 jam sebelum anak kita tidur.

5. Asam lemak omega-3 sangat bermanfaat untuk otak dengan cara mengaktifkan area pada otak yang mempunyai potensi untuk dapat mendorong peningkatan memori, perhatian dan juga aspek kognitif yang lainnya.

6. Aktifitas fisik yang teratur mempunyai manfaat yang besar terhadap kesehatan secara keseluruhan dan bermanfaat juga untuk otak.

Sebuah penelitian terbaru telah menemukan bahwa ketika anak kecil yang mempunyai berat badan lebih di usia 7 hingga 11 dan juga melakukan aktivitas olahraga selama 20 atau pun 40 menit di dalam satu hari, akan mengalami perbaikan kemampuan kognitif anak pada otaknya setelah 3 minggu. Hal ini terjadi dikarenakan gerak mengaktifkan pada daerah yang penting pada otak yang tentu saja mempengaruhi daya pikir pada anak. Ajaklah anak untuk selalu melakukan olahraga yang sesuai dengan keinginan anak itu sendiri atau ajak anak kita untuk melakukan kegiatan bersepeda setiap harinya.

IBX58CA4B6924CD2

Related Articles

Check Also

Close
Close