Kesehatan

Mejaga Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Rahim

susu ibu hamil

Kehamilan adalah masa yang tentu saja sangat membahagiakan untuk wanita, apalagi bagi kita yang baru hamil pertama kali. Ibu yang sedang hamil atau pun gravid yang didalamnya terdapat embrio yang sudah mengalami pertumbuhan sampai 42 minggu. Ketika masa awal kehamilan atau pun dikenal dengan nama trimester mempunyai kebutuhan yang berbedea, seperti pada trimester pertama yang tentu saja ibu hamil membutuhkan makanan yang mengandung asam folat dan juga beberapa makanan yang bisa menguyatkan janin kita karena pada trimester pertama ini sangat rentan sekali dengan keguguran.

Ketika sudah masuk pada usia trimester kedua, maka berbagai organ tubuh telah mulai melakukan perkembangan, sehingga perkembangan dan pertumbuhannnya harus dibarengi dengan dukungan yaitu nutrisi yang harus sesuai. Pengaturan pola makan juga harus kita benar-benar perhatikan begitu juga ketika sudah memasuki trimester terakhir dimana kegiatan perlainan sudah sangat dekat sekali dengan kita.

Beberap makanan juga akan sangat membantu sekali dalam hal menyediakan energy kita kita konsumsi yang tentunya harus sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa juga kita bisa mengkonsumsi suplemen yaitu susu ibu hamil supaya kondisi ibu hamil dan juga janin bisa terawat dengan baik.

Meskipun demikian, ibu yang sedang mengandung bukan hanya sekedarmembutuhkan asupan nutrisi dan juga latihan kehamilan, tetapi ternyata ibu yang sedang mengandung juga mempunyai harapan bahwa bayi yang masih berada di dalam kandungan akan lahir dengan mempunyai kulit yang bersih dan putih.

Bahkan menurut mitos yang sudah beredar luas dimasyarakat bahwa kulit bayi yang bersih dan juga putih bisa dilakukan dengan cara menjaga kebersihan air ketuban dari makanan. Secara umum kulit bayi yang putih tersebut berasal dari gen atau pun keturunan ibu dan ayahnya sehingga beberapa faktor makanan tidak bisa mengubah warna kulit namun dengan cara menjaga air ketuban akan menjaga kesehatan ibu hamil dan juga janin.

Untuk itu kita bisa memilih makanan sebagai berikut.

  1. Ibu yang sedang mengandung disarankan untuk bisa mencukupi kebutuhan cairan yang ada di dalam tubuhnya. Kita disarankan untuk selalu mengkonsumsi air putih yang mempunyai pengaruh besar terhadap kejernihan air ketuban dan bisa membuat metabolism yang lancar terhadap tubuh kita. Beberapa ibu yang mengandung dapat merasakan mual ketika meminum air putih,kita bisa meminum air putih yang hangan dengan ditambahkan perasan lemon yang tentu saja tanpa harus menambahkan gula.
  2. Kacang hijau mempunyai manfaat yang besar untuk ibu yang sedang mengandung, nutris yang dibutuhkan ibu hamil yaitu protein, asam folat, vitamin B1 dan vitamin B2, kalsium dan juga fosfor. Selain hal tersebut, kandungan protein nabati yang ada pada kacang hijau bisa membantu kita untuk perkembangan ibu yang sedang mengandung. Dengan cara rutin mengkonsumsi kacang hijau dapat membantu kita untuk menjaga kejernihan air ketuban dan yang paling penting yaitu bisa menjaga kesehatan janin.
  3. Banyak ahli kesehatan yang menyarankan ibu hamil untuk selalu mengkonsumsi air kelapa ketika kandungan sudah memasuki 6 bulan. Kandungan elektrolit yang ada di dalam air kelapa dapat membantu untuk menjaga kesehatan rahim terutama untuk kebersihan air ketuban. Dengan begitu air ketuban akan terjaga dan bisa membantu kita dalam hal menjaga kebersihan bayi yang masih berada didalam kandungan.

Selain hal tersebut diatas, kita juga perlu mengkonsumsi susu ibu hamil supaya tulang menjadi kuat dan tubuh akan semakin sehat sehingga kita bisa menjaga kehamilan dengan baik.

Related Articles

Close