Kesehatan

Pentingnya Zat Besi Untuk Pertumbuhan Anak

Perlu kita ketahui bahwa balita yang ada di Indonesia yang menderita anemia ataupun kurang darah mencapai hampir 47%, sebagian karena mereka kekurangan zat besi. Zat besi adalah salah satu mineral yang dibutuhkan oleh anak-anak. Zat besi mempunyai beberapa manfaat yang esensial terutama untuk pertumbuhan dan juga perkembangan anak. Zat besi adalah nutrisi yang mempunyai peran sangat penting dalam pertumbuhan anak semenjak anak berada di dalam kandungan. Zat besi adalah bagian yang penting dari hemoglobin. Hemoglobin adalah komponen sel darah merah yang mempunyai peran untuk dapat membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh bagian tubuh dan juga membawa karbondioksida kembali ke paru-paru untuk dikeluarkan. Paduan pola makan yang kurang diperhatikan dengan gaya hidup yang serba instan bisa menyebabkan tubuh kekurangan cadangan zat besi.

Jika kadar zat besi sudah menurun, maka kemampuan tubuh untuk dapat memproduksi sel darah merah yang sehat pun akan menurun. Zat besi adalah mineral yang sangat penting terutama bagi pertumbuhan anak. Kekurangan zat besi bisa berdampak serius bagi kesehatan dan juga pertumbuhan anak. Zat besi sangat penting sekali bagi tubuh untuk dapat memproduksi hemoglobin yaitu pigmen di dalam darah yang mempunyai tugas untuk dapat mengedarkan oksigen keseluruh tubuh serta mioglobin yang mempunyai tugas untuk dapat menyimpan oksigen di dalam otot. Kekurangan zat besi bisa menyebabkan anemia yang bisa membuat kita menjadi kelelahan, kelemahan dan juga mudah marah. Zat besi bisa mempengaruhi perkembangan otak anak. Pada anak-anak, anemia bisa menyebabkan masalah perkembangan kognitif jangka Panjang.

Menjaga suhu tubuh agar tetap stabil akan memungkinkan peran dan juga manfaat zat besi bagi anak. Selain yang sudah dijelaskan tadi yaitu bisa membantu metabolisme protein, berperan untuk memproduksi hemoglobin dan juga sel darah merah, zat besi juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh yang akan menjadikan anak tangguh untuk melawan infeksi. Sekarang ini sudah tersedia susu Friso yang memang sangat baik sekali untuk dapat dikonsumsi oleh anak setiap harinya agar pertumbuhan anak terbantu dengan baik. Susu Friso ini merupakan susu pertumbuhan yang diformulasikan secara khusus untuk dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Susu ini juga bisa membantu mengoptimalkan perkembangan fisiknya, sehingga anak bisa lebih banyak bereksplorasi dan juga menemukan hal-hal yang baru di sekitarnya.

Kebutuhan zat besi pada setiap anak tentulah berbeda-beda karena pada tiap usia dan juga tahap perkembangannya berbeda pula. Bayi yang masih mendapatkan ASI cenderung memperoleh cukup zat besi dari Ibu sampai usia enam bulan. Untuk yang sudah berusia 7 sampai 12 bulan, membutuhkan 11 mg zat besi per harinya sedangkan bayi yang lahir nya kurang dari 1 tahun harus mendapatkan MPASI yang diperkaya dengan zat besi. Usia 1 sampai 12 tahun sangat membutuhkan sekali 7 sampai 10 mg zat besi per harinya. Bagi remaja sekitar 15 mg karena remaja sudah melewati fase pertumbuhan Jika zat besi di dalam tubuh anak terpenuhi tentu saja akan mendapatkan manfaatnya yaitu akan ada peningkatan sistem imun, dapat mencegah anemia dan juga pembentukan enzim dikarenakan metabolisme yang sehat dibutuhkan sekali oleh zat besi yang cukup seperti pembentukan katalase dan juga pendukung sistem saraf.

Perlu kita ketahui ciri-ciri anak yang kekurangan zat besi yaitu tumbuh kembangnya akan sangat terganggu dan kelopak mata bagian dalam akan terlihat pucat. Jika anak benar-benar menderita anemia, inilah salah satu ciri yang bisa muncul pada area mata yang bisa kita cek ketika bercermin. Pusing ataupun sakit kepala juga merupakan ciri yang tidak dipisahkan dari penderita anemia dikarenakan ketika zat besi kurang, otomatis oksigen yang dikirim oleh zat besi akan berkurang sehingga pusing akan lebih cepat kita alami. Jumlah sel darah merah yang kurang pada tubuh kita akan membuat seseorang lebih gampang sekali lelah yang diakibatkan dari kurangnya oksidasi yang ada di dalam tubuh. Energi tubuh kita dipengaruhi oleh oksidasi yang akan mampu menjalankan seluruh aktivitas sehari-hari.

Tags

Related Articles

Close