You are here
Home > Edukasi

Manfaat Cerita Dongeng Untuk Perkembangan Anak

Zaman yang sudah berkembang membuat banyak orang tua yang telah meninggalkan kebiasaan-kebiasaan bercerita dongeng untuk anak. Kini dengan teknologi yang sudah berkembang membuat para orang tua lebih memilih media digital dibandingkan bercerita tentang dongeng kepada anak untuk dapat menghibur si kecil. Dongeng merupakan hiburan yang baik bagi anak karena ceritanya akan langsung dari mulut orang tua. Berbeda halnya dengan menggunakan media digital yang mana dongeng tersebut diceritakan oleh orang lain. Selain dapat menghibur anak, dongeng juga sangat mempengaruhi terhadap tumbuh kembang anak. Sebenarnya untuk memberikan cerita dongeng anak bisa dilakukan sejak anak lahir. Kebiasaan menceritakan dongeng ini harus terus dilakukan agar tumbuh kembang anak cepat.

Ketika bayi lahir kemudian kita menceritakan dongeng akan membuat pendengaran anak terlatih dan juga bisa mengenalkan suara-suara. Berikut ini akan dipaparkan manfaat cerita dongeng anak yang wajib orang tua ketahui.

  1. Dapat mengembangkan daya imajinasi

Anda harus mengetahui bahwa dunia anak-anak adalah dunia berimajinasi yang mana anak akan selalu berbicara dengan teman imajinasinya (khayalannya). Daya imajinasi anak masih tergolong sangat bagus dan tugas orang tua harus bisa memberikan pengarahan ke arah yang lebih baik. Cara yang tepat mengarahkan anak ke arah yang lebih baik adalah dengan memberikan cerita dongeng.

  1. Dapat meningkatkan keterampilan berbahasa

Keterampilan berbahasa anak-anak akan terangsang dengan dongeng yang diceritakan oleh orang tuanya. Apalagi jika anak perempuan, sangat baik sekali untuk selalu diberikan dongeng sebab akan mudah untuk bisa meningkatkan keterampilan bahasa. Kebanyakan anak perempuan itu akan lebih fokus serta konsentrasi ketika mendengarkan cerita dibandingkan anak laki-laki.

  1. Dapat membangkitkan minat baca anak

Terkadang banyak orang tua yang kesulitan untuk mendidik anak agar mempunyai minat membaca. Dengan cara memberikan cerita dongeng anak, maka minat membaca anak akan tinggi dikarenakan anak akan tertarik serta penasaran untuk dapat mencari tahu isi dongeng tersebut.

  1. Dapat membangun kecerdasan emosional anak

Dongeng mampu membangkitkan kecerdasan emosional anak dan dongeng merupakan sarana yang tepat karena mampu mendekatkan hubungan antara ibu dan anak. Anak-anak sangat sulit untuk dapat belajar tentang kehidupan moral, namun dengan memberikan cerita dongeng tokoh yang baik pada cerita tersebut akan sangat membantu anak untuk dapat menyerap nilai-nilai emosionalnya. Kecerdasan emosional sangat penting untuk dimiliki oleh anak karena berhubungan dengan kehidupan sosial anak di masa yang akan datang.
Membacakan dongeng kepada anak akan membuka kesempatan kepada anak untuk dapat bertukar cerita dan ini baik untuk dapat mempererat hubungan antara ibu dan anak. Jika menggunakan media digital, akan ada satu arah saja tanpa ada kesempatan anak untuk bertukar pikiran.

Leave a Reply

Top