Kesehatan

Dampak Buruk Penggunaan Kontak Lens

Kontak lens merupakan sebuah alat yang dapat membantu meningkatkan kualitas penglihatan pada seseorang yang mengalami gangguan kesheatan pada matanya, seperti mata rabun. Pada umumnya, kontak lens digunakan untuk mengganti peran kacamata yang kesannya lebih simple dan tidak ribet.

Adanya kontak lens tentu sangat membantu mereka yang menderita gangguan mata karena dapat melihat dengan jelas meski tanpa menggunakan kacamata dalam setiap aktivitas sehari-harinya.

Dampak Buruk Penggunaan Kontak Lens

Saat ini, fungsi kontak lens bukan hanya untuk memperbaiki tingkat penglihatan pada seseorang yang membutuhkannya. Kini banyak orang yang menggunakan kontak lens sebagai asesoris dengan tujuan memperindah dan mempercantik tampilan mata mereka.

Namun, tahukah anda bahwa dibalik fungsi kontak lens yang sangat  berguna bagi orang yang mendertia gangguan mata ini mempunyai dampak buruk terhadap kesehatan?

Penggunaan kontak lens dapat menyebabkan infeksi mata seperti mata merah hingga kebutaan (corneal opacity). Menggunakan kontak lens dalam waktu yang lama dapat menimbulkan bercak-bercak parut pada kornea mata setelah adanya berbagai infeksi pada mata, dan akhirnya menyebabkan terjadinya kebutaan mata secara permanen.

Penggunanaan kontak lens biasanya menempel seperti kulit kedua pada mata. Hal ini akan menyebabkan kontak lens kehilangan bentuk aslinya, sehingga dapat merubah bentuk bola mata yang ikut terpengaruh oleh bentuk kontak lens terutama jika digunakan dalam jangka wantu yang lama.

Selain itu, iritasi mata seperti mata berwarna merah sering dialami pelh orang yang sering menggunakan kontak lens. Dengan menggunakan kontak lens, populasi bakteri pada mata juga akan berkembang lebih cepat, sehingga dapat menimbulkan terjadinya infeksi mata pada penggunanya.

Menggunakan kontak lens bukan berarti dapat menyembuhkan gangguan kesehatan mata anda. Kontak lens hanya berfungsi sebagai alat bantu untuk memperjelas fungsi pelihatan anda tanpa menggunakan kacamata agar terlihat lebih simple dan menambah rasa percaya diri.

Namun, alangkah baiknya jika penggunaan kontak lens ini dikurangi untuk menghindari terjadinya berbagai resiko kesehatan yang lebih berbahaya bagi mata anda.

Begitupun bagi anda yang tidak menderita gangguan keshatan mata, lebih baik jika menghindari penggunaan kontak lens yang terlalu seirn karena jusrtu akan memicu timbulnya berbagai penyakit mata.

Related Articles

Check Also

Close
Close