KecantikanKesehatan

Tips Merawat Balita Agar Pintar dan Cerdas

Ibu dan balitaAnak merupakan salah satu anugerah yang diturunkan kepada setiap orang tua khususnya para ibu yang telah melahirkannya dari Tuhan. Kedekatan antara Ibu dan balita harus tetap terjaga meskipun sesibuk apapun seorang ibu menjalani rutinitas sehari-harinya. Telah terbukti secara ilmiah jika seorang anak yang tidak dirawat oleh ibunya sendiri atau menggunakan jasa baby sitter akan mempengaruhi psikologis anak karena pada dasarnya seorang balita membutuhkan sentuhan langsung seorang ibu. Bagi anda yang saat ini baru memiliki seorang balita yang masih berusia dini, berikut ini akan saya coba paparkan beberapa tips dalam melakukan perawatan agar anak anda bisa cerdas dengan didikan yang tepat dan mudah.

1 . Memahami Sifat dan Karakter Anak

Orang tua khususnya para ibu harus berusaha untuk dapat memahami karakter anak karena pada dasarnya semua anak terlahir dengan karakter yang berbeda-beda. Beberapa karakter anak yang kerap muncul diantaranya seperti pemalu, periang, penuh percaya diri introvert dan beberapa karakter lainnya yang perlu anda ketahui terlebih dahulu. Setelah anda memahami karakter si kecil, maka yang perlu anda lakukan selanjutnya ialah mencoba untuk memperlakukan mereka sesuai dengan karakter yang mereka miliki atau jangan memaksanya untuk melakukan sesuatu hal yang tidak dapat ia lakukan atau tidak sesuai dengan karakter yang mereka miliki.

2 . Memanfaatkan Moment Kedekatan Bersama Anak

Setiap ibu dan balita harus memiliki waktu berkualitas kedekatan antara keduanya khususnya bagi anda yang bekerja dan tidak memiliki waktu luang untuk terus bersama mereka. Usahakanlah pada saat memiliki waktu luang tersebut anda menghabiskan waktu bersama mereka untuk melakukan komunikasi yang se efektif mungkin. Usahakanlah kedekatan tersebut anda gunakan sebaik-baiknya untuk melakukan berbagai kegiatan seperti bermain, mengajak ngobrol mereka secara santai dan beberapa kegiatan lainnya yang memiliki nilai positif untuk tumbuh kembang mereka. Cara ini merupakan cara yang perlu anda perhatikan khususnya bagi anda yang saat ini memiliki aktifitas sibuk di luar rumah.

3 . Mengajarkan Anak Banyak Hal

Ajarkanlah si kecil berbagai macam hal yang positif. Beberapa diantaranya ialah mengajarkan mereka untuk memiliki sikap disiplin tanpa sistem mendidik yang keras. Anda bisa mengajarkan mereka secara lembut. Terapkanlah beberapa pelajaran penting dalam berdisplin di rumah seperti rajin  untuk menggosok gigi, cuci kaki sebelum tidur, cuci tangan, merapikan tepat tidur, membereskan barang-barang setelah bermain dan berbagai macam hal lainnya agar si kecil memiliki rasa tanggung jawab yang lebih b aik. Selain pelajaran kedisiplinan di rumah, anda pun dapat juga memberikan mereka banyak masukan mengenai pelajaran-pelajaran di sekolahnya.

4 . Memberikan Contoh yang Baik

Kebiasaan buruk setiap orang tua yang dilakukan di depan anaknya suatu waktu akan dilakukan dan ditiru oleh mereka. Jadi usahakanlah untuk memberikan contoh tauladan yang baik di depan mereka agar kebiasaan positif yang anda contohkan bisa terus menerap pada mereka. Seorang anak adalah peniru yang ulung jadi berhati-hatilah dalam melakukan hal yang negatif di depan si kecil.

Kedekatan ibu dan balita harus tetap dijaga selalu meskipun waktu yang dimiliki tidak memungkinkan karena pekerjaan yang anda miliki. Cara di atas bisa anda jadikan sebagai cara terbaik dalam mengasuh anak dan memberikan mereka masukan yang positif untuk kecerdasannya di masa yang akan datang. Semoga pemaparan artikel ini bisa anda jadikan sebagai referensi dan informasi yang bermanfaat.

Tags

Related Articles

Close