Edukasi

Persiapan Matang Sebelum Kuliah Di Luar Negeri

College in Indonesia  atau universitas di Indonesia banyak  yang bekerja sama dengan international university sehingga perkuliahan  diselenggarakan dalam dual degree. Perkuliahan berjalan dengan  cara pembelajaran sebagian di dalam negeri sebagian lagi diluar negeri.  

Sebagai contoh Universitas Indonesia yang bekerja sama dengan beberapa universitas luar negeri semisal Australia, New Zeland, Inggris dan Jerman, pada satu atau dua tahun pertama perkuliahan diselenggarakan di Universitas Indonesia, tahun-tahun akhir perkuliahan diselenggarakan di Universitas mitra di negara bersangkutan.College in Indonesia

Tiap jurusan yang bekerjasama dengan universitas luar negeri biaya dan ketentuannya berbeda-beda, untuk lebih rinci informasi dapat di cek di international.ui.ac.id.

Adapun jika memutuskan untuk tidak kuliah di berbagai college in Indonesia tapi memutuskan belajar di international university, hal-hal yang perlu disiapkan adalah;

  1. Perhitungkan biaya kuliah di luar negeri, biasanya mahasiswa diharuskan membayar uang kuliah dan biaya lainnya, ditambah biaya ekstra untuk program belajar di luar negeri, selain itu ada juga biaya hidup serta biaya administrasi.
  2. Bisa mentransfer kredit, jika tidak belajar di universitas di luar negeri sampai lulus misalnya hanya belajar di sana satu semester atau satu tahun pastikan kelas yang sudah diambil bisa ditransfer nilainya ke program gelar di universitas-universitas Indonesia.
  3. Kuliah di luar negeri,bukan sebuah liburan panjang. Ketika memutuskan berkuliah di luar negeri janganlah menganggap sebagi sebuah liburan, namun sebagai upaya penimba ilmu yang dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.
  4. Memiliki asuransi kesehatan, pastikan memiliki asuransi kesehatan yang dapat digunakan di negera tujuan. Kejadian tertentu yang berhubungan dengan kesehatan sangatlah riskan jika sampai sakit bahkan kecelakaan, jika maemiliki asuransi maka keluarga tidak usah risau karena semua dapat ditangani.
  5. Manfaatkan teknologi, saat ini untuk berkomunikasi dengan keluarga di tanah air.
  6. Berbaurlah dengan mahasiswa lokal dan penduduk setempat, untuk memahami budaya setempat dan memudahkan berbagai urusan.

Meskipun beraneka banyaknya college in Indonesia dengan kualitas yang mumpuni, tetapi jika tetap memutuskan belajar di luar negeri, persiapkanlah dengan matang sehingga tidak akan kaget jika sampai di negeri orang dan pulang dengan gelar yang disandang.

Tags

Related Articles

Close