Kesehatan

2 Perbedaan Flu Dan Pilek

Flu merupakan salah satu jenis penyakit yang diakibatkan oleh virus bernama influenza. Virus ini masuk melalui saluran pernapasan sehingga biasanya ketika sudah masuk maka saluran pernapasan bisa membengkak dan bisa hilang dalam hitungan minggu.

Masyarakat sering kali salah dalam memberdakan anatar flu dan juga pilek memang keduanya memiliki persamaan dalam hal gejala namun perbedaannya terletak pada virus yang menyebabkan dan tingkat penyakitnya. Flu itu memiliki tingkat yang lebih berat jika dibandingkan dengan pilek. Sehingga proses mengatasi penyakit flu pun sering kali lebih lama.

Bagi masyarakat agar bisa mengatasi penyakit flu dengan tepat maka harus mengetahui perbedaan anatara pilak dan flu sehingga ketika sudah mengetahui apakah flu atau pilek bisa ditangani dengan tepat. Berikut ini perbedaan anatara pilek dan flu.

  1. Pilek memang penyakit yang memiliki gejala hampir sama seperti flu namun untuk pilek lebih ringan dari pada flu, gejala awal yang timbul akibat pilek adalah radang tenggorokan, hidung meler, bersin-bersin, batuk dan terkadang disertai demam. Namun hanya sebagian kecil saja yang ketika pilek disertai demam. Sedangkan untuk flu biasanya radang tenggorokan dan juga demam dan nyeri pada otot, lemas, batuk serta meriang. Sehingga bisa dikatakan untuk perbedaan pilek dan flu bisa dilihat dari gejala yang mana lebih berat berarti tiu flu.
  2. Perbedaan yang kedua adalah pada suhu tubuh. Penderita yang mengalami serangan pilek cenderung memiliki gejala demam yang tidak terlalu parah berbeda dengan dengan flu yang biasanya diikuti demam yang cukup tinggi dengan meriang yang menyertainya.

Itulah 2 perbedaan yang bisa dideteksi untuk flu dan pilek. Dengan mengetahui perbedaan ini diharapkan masyarakat untuk lebih tepat dalam penanganan ketika terserang flu sehingga jangan sampai serangan flu dianggap hanya pilek biasa.

Sebab serangn flu jika tidak ditangani dengan tepat bisa juga menimbulkan beragam reaksi lain yang biasanya terjadi akibat salah penanganan dan adanya pembiaran. Akan lebih baik mencegah dari pada untuk mengobati ketika flu sudah masuk dan menyerang tubuh.

Tags

Related Articles

Close