Kesehatan

Macam-Macam Penyakit Mata

Mata adalah salah satu organ penting dalam tubuh kita. Ada peribahasa yang mengatakan bahwa mata adalah jendela dunia. Hal ini sangatlah mudah dimengerti  karena dengan mata kita dapat melihat apapun yang ada di dunia ini.

Segala bentuk, warna, dan gerak dapat dilihat oleh mata kita. Apalah jadinya jika mata kita mengalami gangguan. Padahal kesehatan mata sangat mendukung aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, kita tidak dapat beraktifitas seperti biasanya.

Kita pun  memerlukan alat bantu yang bentuk dan penggunaannya terkadang dapat membuat kita tidak nyaman.Macam-Macam Penyakit Mata

Mata yang sehat adalah mata yng dapat berfungsi dengan baik. Jika mata kita leha mengalami peurunan fungsi maka itu salah satu tanda bahwa kesehatan mata kita mulai tergaggu. Penurunan fungsi mata ini daat ditanai dengan pandangan kabur, tidak dapat melihat jelas pada jarak tertentu danbeberapa ciri lain yang berhubunhan dengan pengelihatan.

Ada beberapa penyakit yang dapat menggangu kesehatan mata kita, berikut adalah beberapa diantaranya :

  1. Miopi, miopi atau biasa disebut juga seagai rabun jauh merupakan salah satu gangguan kesehatan mata yang memilikiciri tidak dapat melihat benda – benda pada jarak yang ajuh. Jarak pandang mata menjadi berkrang bila di bandingkan dengan mata nomal. Untuk mambatu gangguan mata seperti ini dapat ginunakan kaca mata dengan lensa berfokus negatif sehingga gangguan mata seperti ini biasa di sebut sebagai mata minus.
  2. Hipermetropi, gangguan mata ini sering disebut juga sebagai rabun dekat, dimana maka tidak dapat meliha dalam jarak yang dekat, sehingga untuk membaca tau melihat bena yang lebih dekat akan terlihat bram.gangguan kesehatan mata jenis ini biasanya terjadipada orang yang telah lanjut usia. Untuk membantunya maka digunakan kaca mata dengan lensa berfokus positif sehingga sering juga disebt mata pkus.
  3. Silindris, silindris adalah gangguan maka yang tidak dapat membedakan garis lurus. Orang menderita gangguan mata ini biasanya tidak dapat meletakkan benda – benda secara lurus ataupun membentuk garis lurus. Untuk membantnya dapat digunakan kaca mata silindris.

Itulah beberapa gangguan kesehatan mata yang dapat terjadi pada kita. Dari ketiga jenis gangguan tersebut dapat terjadi ketika kita melakukan hal yang salah dengan mata kita seperti menonton televisi terlalu lama.

Tags

Related Articles

Close