Kesehatan

Tips Mudah Dalam Mengatasi Susah BAB Yang Mengganggu

Jika anda mengalami yang namanya susah buang air besar (BAB) maka hal tersebut jangan diangap remah, karena walaupun menjadi salah satu penyakit yang biasa dan tidak berbahaya tetapi pada beberapa kasus mereka yang susah bab bisa menyebabkan buang air besar yang berdarah dan berbagai komplikasi lainnya.

Mereka yang terkena susah bab dapat dilihat dari frekuensi ia bab yaitu bisa kurang dari 1-2 kali dalam seminggu. Hal lainnya bisa dilihat dari bagaimana fesesnya yang keras sehingga perlu waktu lama untuk mengeluarkannya.

susah bab

Saat anda mengalami susah buang air besar maka untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan cara yang alami terlebih dahulu, karena dengan cara ini tidak akan menimbulkan resiko yang negatif akan dampaknya sehingga lebih aman untuk digunakan.

Dan berikut ini tips mudah dalam mengatasi susah bab yang mengganggu.

  1. Perhatikan akan asupan makanan yang mengandung serat. Serat merupakan salah satu andalan terbaik buat anda mengatasi susah bab. Hal ini karena sifat dalam serat yang dapat mengikat air serta menjaganya dalam usus yang menjadikan feses yang dikeluarkan tetap dalam keadaan lunak. Untuk bisa mendapatkan serat bisa diperoleh dari buah-buahan seperti pepaya yang baik untuk mengatasi bab, elain itu bisa juga didapat dari berbagai sayuran hijau.
  2. Lakukan aktifitas fisik seperti olahraga. Melakukan olahraga atau aktifitas fisik lainnya dapat berpengaruh terhadap kinerja usus besar. Jika anda aktif bergeraka maka usus besar atau organ pencernaanpun juga semakin lancar. Oleh karena itu membiasakan diri untuk olahraga selain membuat badan sehat juga bermanfaat mengatasi masalah susah bab.
  3. Banyak-banyak minum. Memperbanyak minum saat mengalami susah bab juga bermanfaat dalam membuat feses menjadi lebih lunak serta membuat pencernaan menjadi semakin lancar. Untuk hal ini memperbanyak konsumsi air putih sangat dianjurkan akan tetapi hindari juga konsumsi air kopi atau teh yang mengandung kafein.
  4. Hindari konsumsi obat-obatan tertentu yang berpengaruh terhadap susahnya feses. Jika anda mengalami susah bab yang sebelumnya mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Maka bisa jadi susah bab yang anda alami merupakan resiko dari konsumsi obat-obatan tersebut.
Tags

Related Articles

Close