EdukasiUmum

Media Untuk Anak Belajar Berhitung

Berhitung adalah kemampuan dasar yang biasanya digunakan untuk mengoperasikan angka. Belajar berhitung pada anak biasanya mulai dikenalkan ketika anak berusia lima atau enam tahun. Namun, anda harus tetap ingat bahwa anak di usia lima sampai enam tahun merupakan masa bermain. Oleh karena itu, dalam belajar berhitung pun tidak perlu di paksakan dan di beri target sehingga anak menjadi lebih enjoy.

Saat anda mengenalkan belajar berhitung pada buah hati anda, anda dapat menggunakn berbagai media yang tersedia di rumah anda dan dapat dilakukan disela – sela aktifitas rutin harian anak, sehingga tanpa disadari oleh anak ia sedang belajar berhitung.

belajar berhitung

Berikut adalah beberapa media yang dapat anda gunakan :

  1. Jam dinding, di dalam jam dinding terdapat angka – angka yang tersusun secara berurutan, sehingga akan memudahkan anda untuk mengenalkan angka yang merupakan materi dasar untuk anak dapat belajar berhitung. Pada jam dinding juga anda dapat mengajarkan perbandingan bentuk seperti jarum yang panjang dan jarum yang pendek sehingga anak pun dapat membandingkan dua bentuk dengan ukuran yang berbeda.
  2. Remote, pastilah anda memiliki remot di rumah anda baik itu rmot televisi, remot, dvd, ataupun remot AC. Remote dapat menjadi media yang baik juga untk belajar berhitung terutma saat anak ingin mencari chanel televisi yangmenayangkan acara yang mereka sukai. Anda dapat mengajarkan perhitungan dengan remot televisi hingga angka puluhan dengan mudah dan menarik.
  3. Telephone, jika anda ingin melakukan panggilan baik melalui pesawat telepon atau gadget pastilah anda harus menekan angka yang tertera di sana sesuai dengan nomer telepon yang akan anda hubungi, ajaklah buah hati anda untuk memijit nomer yang akan anda hibungi dengan begitu anak akan belajar berhitung dengan sangat bersemangat dan akan mengingat angka – angka secara acak karena nomer telephone pada umumnya tidak berurut.

Itulah beberapa media yang dapat anda gunakan saat anda menemani buah hati anda belajar berhitung. Dengan media yang familiar dengan anak diharapkan anak tidak akan takut lagi saat akan belajar berhitung.

Tags

Related Articles

Check Also

Close
Close