Edukasi

Tips Praktis Mengatasi Anak Yang Hiperaktif

Bagi orang tua yang memiliki anak hiperaktif terkadang membuat orang tua yang kurang sabar dan tidak dapat mengetahui cara mengatasinya menjadikan anak tersebut menjadi lebih aktif dan tidak terkendali. Orang tua pun menjadi lelah dalam mendidik dan menjaganya. Padahal jika saja orang tua tersebut mengetahui bagaimana cara mengatasi anak hiperaktif tentunya dapat menjadikan didikan yang diberikan orang tua menjadi lebih terserap oleh anaknya.

Anak yang hiperaktif cenderung memiliki sifat yang aktif dan selalu bergerak, ia tidak bisa hanya duduk-duduk saja dalam segala aktivitas yang dilakukannya apalagi hanya diam susuk saja dalam jangka waktu yang lama. Akan selalu ada kegiatan yang dilakukannya dalam melakukan aktivitasnya sehingga kalau dalam cara mengatasi anak hiperaktif ini salah tentunya akan berpengaruh terhadap mental atau psikis anak tersebut kedepannya.

Untuk dapat mengatasi anak yang hiperaktif terkdang dapat pula diberikan obat-obatan atau semacam suplemen yang dapat membuatnya menjadi lebih tenang, sehingga dapat membuat anak tersebut bisa bergaul dengan teman sebayanya dan diterima secara sosial. Akan tetapi pemberian suplemen atau obat-obatan tentunya mengandung resiko jangka panjang bagi sang anak, dan diperlukan hal lain dalam cara mengatasi anak hiperaktif.

Hal mudah yang dapat dilakukan dalam mengatasi anak yang hiperaktif yaitu dengan memberikan pengaturan napasnya saat anak ingin menenangkan diri, terutama saat anak merasa marah atau frustasi. Dorong anak untuk dapat mengambil napas panjang dan membuangnya melalui mulut sehingga rasa marash atau frustasinya menjadi tenang.

Cara mengatasi anak hiperaktif lainnya yaitu dengan membuat anak merasa nyaman akan suasana rumah, misalnya saat ia akan mandi dengan membiarkannya mandai busa atau mandi dengan menggunakan air garam yang hangat. Dengan cara seperti ini dapat membuat anak menjadi lebih tenang, bahkan bil aperlu anda pun dapat menambahkan satu atau dua mainan yang sederhana ke dalam bak mandinya.

Selain kebutuhan akan psikisnya yang diperhatikan, kebutuhan akan fisiknya juga tetap harus diutamakan apalagi untuk anak hiperaktif yang banyak bergerak maka berbagai nutrisi penting dan vitamin sangat diperlukan. Untuk hal tersebut anda dapat memberikannya susu Dancow yang sudah terbukti dalam memberikan nutrisi terbaik untuk anak.

Tags

Related Articles

Close