Umum

Berbagai Kondisi Lahan Yang Sangat Cocok Dengan Adanya Reklamasi Pantai

Berbagai pro dan kontra dengan adanya reklamasi menjadi berita baru di Indonesia yang menarik banyak perhatian masyarakat. Apalagi bagi mereka yang belum mengetahui mengenai manfaat dan juga dampak yang diakibatkan dari adanya reklamasi pantai yang dilakukan. Jika dalam proses dan prosedur yang dilakukan pada reklamasi berjalan sesuai dengan apa yang ada dalam undang-undang tentunya akan mendatangkan keuntungan tersendiri dari reklamasi yang dilakukan tersebut.

Jika dipelajari lebih lanjut dalam reklamasi pantai yang dilakukan dapat dijalankan dengan memenuhi berbagai keperluan yang akan dibutuhkan. Apalagi dalam tujuan reklamasi yang dilakukan sebenarnya mempunyai niat yang baik terutama dalam memperbaiki daerah atau areal yang tidak terpakai dan juga tidak berguna. Pemanfaatan akan reklamasi pantai juga bisa digunakan sebagai lahan pertanian, tempat rekreasi dan juga sebagai lahan industri. Akan tetapi untuk hal tersebut tentunya memerlukan pembangunan akan kondisi lahan yang sesuai dengan apa yang diharapkan maka memilih tempat yang sesuai perlu dilakukan.

Untuk pembangunan proyek reklamasi yang dilakukan, berikut ini ada beberapa kondisi tempat atau pantai yang sangayt cocok untuk dibangunkannya reklamasi.

  1. Kondisi pantai yang sering mengalami sedimentasi. Adanya sedimentasi pada pantai yang sering terjadi maka akan membuat daerah tersebut menjadi rentan akan terendam air laut. Akibat lainnya menjadikan garis pantai yang ada menjadi terus terkikis, sehingga mempertahankan akan pantai tersebut perlu dilakukan. Untuk hal ini maka melakukan reklamasi menjadi hal yang patut untuk dilakukan demi terjaganya kondisi pantai yang aman.
  2. Kondisi pantai yang digunakan sesudah proses pertambangan. Melakukan proses pertambangan yang dilakukan tentunya akan bermanfaat juga dalam memperbaiki kondisi lahan yang sudah rusak dengan adanya pertambangan yang dilakukan. Kerusakan pada pertambangan ini bisa terjadi mulai dari proses pertambangan sampai kepada dampak yang terjadi setelah pertambangan selesai. Sehingga dengan adanya proyek reklamasi menjadikan lahan yang rusak tersebut menjadi terselamatkan.
  3. Kondisi pantai yang sering terjadi abrasi. Adanya abrasi pantai yang sering terjadi dan menyebabkan banjir tentunya akan mempengaruhi akan kenyamanan daerah tersebut. Apalagi dengan abrasi yang sering terjadi maka kemungkinan akan rusaknya ekosistem di pantai tersebut juga semakin besar terjadi. Oleh karena itu melakukan reklamasi pada daerah tersebut akan sangat cocok untuk dilakukan. Dengan reklamasi juga dapat melindungi akan kerusakan taman hutan  mangrove yang lebih parah.
Tags

Related Articles

Close