Otomotif

Teknik Mesin

Teknik otomotif sebagai cabang ilmu teknik mesin yang mempelajari tentang bagaimana seseorang merancang, membuat, dan mengembangkan alat – alat transportasi darat yang menggunakan mesin. Berbagai alat transportasi yang menggunakan mesin dalam sistem penggunaannya adalah sepeda motor, mobil, bis, truk, dan lain – lain.

Teknik otomotif menggabungkan elemen – elemen pengetahuan mekanika, listrik, elektronik, keselamatan, dan lingkungan. Selain itu, digunakan pula bidang kajian lainnya seperti matematika, fisika, kimia, biologi, dan manajemen yang turut mendukung penggunaan elemen – elemen teknik otomotif tersebut dalam penggunaannya. Di Indonesia sendiri teknik otomotif berkembang dengan pesat, baik dalam dunia pendidikan maupun dunia industri. Salah satu sistem dalam teknik otomotif adalah mesin.

Mesin merupakan alat mekanik yang mengirim atau mengubah energy untuk melakukan pelaksanaan tugas manusia. Mesin ini membutuhkan sebuah stimulus sebagai pemacu untuk mengirimkan energi yang telah diubah menjadi sebuah respon setelah melakukan tugas yang telah diatur sebelumnya. Mesin dalam bahasa Indonesia sering disebut sebagai pesawat. Mesin pada saat ini mampu mengembangkan kemampuan manusia sejak sebelum adanya catatan tertulis.

Berbeda sekali dengan alat sederhana dan mekanisme  mesin. Mekanisme mesin merupakan sumber tenaga yang memungkinkan terjadinya pengoperasian bebas. Mesin dalam alat – alat transportasi merujuk pada bagian yang bekerja sama untuk melakukan suatu kinerja tertentu. Alat – alat tersebut mampu mengurangi intensitas gaya yang dilakukan, mengubah arah gaya, dan mengubah suatu bentuk gerak ke bentuk lain. Begitu pula halnya yang terjadi pada kendaraan bermotor yang umumnya menggunakan mesin.

Dengan demikian,  sebagai cabang ilmu teknik mesin yang mempelajari tentang bagaimana seseorang merancang, membuat, dan mengembangkan alat – alat transportasi darat yang menggunakan mesin teknik otomotif memerlukan suatu sistem penting di dalamnya. sistem penting tersebut adalah mesin. Mesin merupakan alat mekanik yang mengirim atau mengubah energy untuk melakukan pelaksanaan tugas manusia. Mesin dalam alat – alat transportasi merujuk pada bagian yang bekerja sama untuk melakukan suatu kinerja tertentu yang ada pada sistem kerja teknik otomotif pada kendaraan bermotor.

Tags

Related Articles

Close