You are here
Home > Otomotif

Siklus Pembakaran

Siklus Pembakaran

Dalam sistem teknik otomotif dikenal dua jenis sistem pembakaran, yaitu mesin pembakaran dalam dan mesin pembakaran luar. Mesin pembakaran dalam merupakan sebuah mesin yang sumber tenaganya berasal dari pengembangan gas – gas panas yang bertekanan tinggi. Hal tersebut dihasilkan dari pembakaran campuran bahan bakar dan udara yang berlangsung pada ruangan tertutup atau dalam ruang mesin.

Pembakaran itu sendiri pada dasarnya bergantung erat dengan bahan bakar kimia yang digunakan. Adapun yang biasanya dibakar dalam mesin adalah campuran oksigen dari udara. Proses pembakaran ini menghasilkan panas dalam jumlah yang besar, apalagi bila ditambah dengan bahan kimia yang lainnya. Bahan bakar itu sendiri pada umumnya tersusun dari hidrokarbon yang berasal dari bahan bakar fosil.

Berkaitan dengan bahan bakar fosil yang digunakan saat ini mencakup beberapa jenis, yaitu bahan bakar diesel, bensin, LPG, dan propane. Mesin yang bahan bakarnya menggunakan mesin dapat pula diganti dengan bahan bakar natural gas atau LPG dengan struktur mesin yang tidak terlalu banyak perubahan.

Adapun pada mesin pembakaran itu sendiri memiliki empat siklus yang selalu diulangi setiap dua putaran mesin, yaitu siklus masukan, siklus kompresi, siklus pembakaran, dan siklus pembuangan. Keempat siklus ini saling berkaitan satu dengan yang lain ketika mesin dinyalakan dan melakukan aktivitas dalam penggunaan kendaraan.

Oleh karena itu, mesin pembakaran dalam merupakan sebuah mesin yang sumber tenaganya berasal dari pengembangan gas – gas panas yang bertekanan tinggi. Hal tersebut dihasilkan dari pembakaran campuran bahan bakar dan uda yang berlangsung pada ruangan tertutup atau dalam ruang mesin. Berkaitan dengan bahan bakar yang digunakan pada mesin kendaraan sebagai alat transportasi adalah bahan bakar yang berasal dari bahan bakar fosil. Bahan bakar fosil yang digunakan saat ini mencakup beberapa jenis, yaitu bahan bakar diesel, bensin, LPG, dan propane.

Demikian pentingnya fungsi mesin dalam teknik otomotif menjadikan dalam penggunaanya dilakukan empat siklus, yaitu siklus masukan, siklus kompresi, siklus pembakaran, dan siklus pembuangan.

Leave a Reply

Top