Umum

Resep Pepes Ayam Untuk Bersantap Sahur

Bulan Ramadhan tinggal beberapa hari lagi, biasanya pada 1 hari sebelum hari pertama berpuasa, para ibu-ibu mempersiapkan makanan untuk bersantap sahur. Biasanya untuk bersantap sahur pada hari pertama ibu-ibu memasak berbagai masakan diantaranya yaitu makanan yang berbahan dasar daging ayam, daging sapi, ikan dan juga sayuran. Bahan-bahan tersebut dibuat menjadi resep makanan baik yang berkuah, goreng, dan juga dipepes.

Salah satu yang biasanya disantap ketika bersantap sahur yaitu resep pepes daging ayam. Makanan yang satu ini bisa anda buat untuk bersantap sahur.

Anda penasaran dengan cara membuat pepes daging ayam? Berikut ini merupakan cara pembuatannya. Pertama-tama, anda harus mempersiapkan bahan-bahannya, diantaranya yaitu:

  • 1 kg daging ayam
  • Bumbu halus (12 butir bawang merah, 8 butir bawang putih, 6 buah cabai merah, 16 butir kemiri, 4 ruas jahe, kunyit dan juga lengkuas )
  • 4 pucuk daun salam
  • 2 batang serai
  • Garam secukupnya
  • 3 buah tomat agak mentah ( anda bisa memotongnya sesuai dengan selera )
  • 2 ikat daun kemangi,
  • Daun pisang secukupnya.

Selanjutnya untuk langkah berikutnya yaitu anda bersihkan dan juga potong-potong daging ayam sesuai dengan selera. Setelah itu haluskan bumbu halus dengan menggunakan ulekan ataupun juga blender, akan tetapi akan lebih enak lagi jika dihaluskan menggunakan ulekan.

Untuk langkah berikutnya yaitu anda bersihkan daun pisang, kemudian panaskan daun pisang diatas api agar daun tidak mudah sobek, selanjutnya anda oleskan bumbu halus tersebut ke daging ayam setelah itu anda masukan daging ayam yang sudah diles tadi di atas daun pisang kemudian anda tambahkan daun kemangi, daun salam , tomat, dan juga serai. Setelah itu anda bungkus daging ayam tersebut dengan rapi, anda bisa menggunakan tusuk gigi ataupun juga sapu lidi agar bungkusan daging tidak terbuka.  Setelah itu anda bisa mengukusnya sampai daging ayam lunak ke tulang-tulangnya.

Pepes ayam lebih nikmat lagi disantap ketika pepes masih hangat.

Tags

Related Articles

Close