Otomotif

Honda Akan Luncurkan SUV Murah Terbaru di Akhir 2016

Setahun belakangan beredar rumor bahwa Honda sedang mengembangkan produk mobil murah terbaru 2016. Isunya produk ini dibuat untuk menyiasati mobil pendahulunya Honda Vezel atau HR-V yang dianggap terlalu mahal untuk dijual di sejumlah negara berkembang.

Di Indonesia Honda baru memperkenalkan BR-V yang merupakan salah satu mobil SUV murah yang diproduksi Honda. Di India, produsen otomotif ternama asal Jepang ini juga memperkenalkan SUV dengan harga bersahabat yang bernama 2FM.

Desain mobil ini sebetulnya tak jauh berbeda dengan platform Honda Jazz sama seperti BR-V. Namun 2FM sebetulnya akan berbeda dengan BR-V karena dikhususkan untuk sejumlah pasar di negara-negara berkembang. Mobil ini nantinya akan diperlihatkan kepada dunia pada acara Sao Paulo Motor Show yang akan berlangsung pada tanggal 8 November tahun 2016 ini, dan baru akan dijual pada tahun berikutnya yaitu tahun 2017.

Menurut informasi yang kurang resmi, mobil 2FM ini akan dijual di negara-negara seperti India dan Brazil. Seperti mobil-mobil SUV pada umumnya, Honda 2FM ini akan diperkirakan memiliki bodi yang tangguh dan diprediksi akan menjadi salah satu andalan mobil murah dari Honda. Targetnya mobil ini diharapkan dapat terjual sebanyak 5.000 unit setiap bulannya. Untuk penjualan Honda di India sendiri, pihak Honda di negara tersebut menolak untuk memasarkan model HR-V karena harganya tidak terjangkau bagi masyarakat menengah India. Padahal meski telah dibuat dan diproduksi secara lokal di sana, harga jual di pasaran jauh melebihi harga jual mobil dari kompetitornya.

Atas pertimbangan tersebut, diharapkan nantinya model 2FM tidak akan mematok harga produksi yang terlampau tinggi, sebab komponen untuk pembuatannya yang seperti Honda Jazz sudah 90% ada di India. Untuk spesifikasinya, Honda 2FM ini akan diangkut dengan dua opsi mesin yaitu 1.2 liter dan 1.5 liter. Harga jual mobil ini masih bisa ditekan jika dimensi panjangnya tidak lebih dari 4 meter. Karena di India sendiri ada peraturan pemerintah yang memungkinkan pemilik mobil mendapatkan potongan insentif pajak jika mobilnya kurang dari 4 meter.

Untuk di Indonesia, mobil BR-V yang dijual di pasaran merupakan perpaduan antara HR-V dan Mobilio. Ciri khas SUV pada Honda BR-V terletak pada ground clearance yang memiliki tinggi 201 sehingga memungkinkan untuk mobil tersebut melintasi platform jalanan yang tidak rata. Radius putar yang dimiliki Honda BR-V juga mencapai 5,3 meter sehingga mampu memiliki manuver yang baik. Kelebihan lainnya dari Honda BR-V yaitu kapasitas yang mampu membawa tujuh penumpang. Kapasitas ini diadaptasi dari Mobilio yang memang memiliki ruang yang cukup luas. Teknologi terkini yang disajikan pada BR-V yaitu Hill Start Assist dan Vehicle Stability Assist yang membuatnya mudah sekali untuk dikendarai dengan kecepatan yang tinggi ataupun dalam kondisi jalanan menanjak. Selain itu ECO indicator, Electric Power Steering, Drive by Wire, lampu projector plus LED Guide sampai teknologi pembersih kabin nanoe merupakan nilai plus bagi mobil Honda BR-V yang membuatnya menjadi idaman para pengendara.

Fitur-fitur yang dimiliki Honda BR-V juga sangatlah menarik, di antaranya adalah sistem audio 6,1 inci yang bisa secara langsung terhubung dengan smartphone Anda melalui bluetooth, HDMI screen mirroring dan juga Android mode. Hebatnya lagi, Honda BR-V ini dilengkapi dengan kamera belakang untuk mempermudah proses parkir yang biasanya dibutuhkan oleh para wanita. Namun jika anda yang sering kredit mobil bekas berarti saat ini harus menunggu untuk beberapa waktu hingga tersedia mobil incaran ini.

Related Articles

Close